Disparpora Pamerkan Hasil Karya Pelaku Seni

GORONTALO – GP – Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tidak hanya ‘memukul’ perekonomian. Pandemi ini juga membuat para pelaku seni kehilangan waktu untuk memamerkan hasil karya mereka. Sebab, selama pandemi, pemerintah melarang pelaksanaan kegiatan yang dapat memicu kerumunan.

Untuk mengatasi hal itu, Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kota Gorontalo, Jumat (20/11) menggelar pagelaran seni dan ekonomi kreatif launching pengembangan “KOTA TUA”. Pada kegiatan hasil karya para pelaku seni dipamerkan secara live streaming.

Kepala Disparpora, Efendy Rauf melalui Kepala Bidang (Kabid) Destinasti, Lusiana Kaluara mengatakan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah menumbuhkan kembali semangat para pelaku seni dalam berkarya, yang sempat terpuruk karena adanya bencana non alam yakni pandemi Covid-19 .

“Jadi ini bukan pameran-pameran besar seperti biasanya. Tidak ada undangan, yang ada hanya peserta. Karena karya seninya kita bantu pamerkan melalui siaran langsung (Live Streaming). Dan kegiatan ini kami laksanakan untuk membangkitkan kembali semangata para pelaku seni di Kota Gorontalo yang surut setelah adanya pandemi,” ujar Lusiana.

Kegiatan yang dibiayai oleh Dana Insentif Daerah (DID) Disparpora ini hanya akan dilangsungkan satu hari, mulai dari pukul 14.00 Wita dan ditutup sebelum pukul 17.00 Wita. Pantauan awak media, pelaksanaan kegiatan ini seperti pelaksanaan kegiatan-kegiatan lainnya yakni menerapkan protokol kesehatan. Sebelum memasuki lokasi pameran, para peserta diwajibkan mencuci tangan menggunakan sabun dan wajib menggunakan masker.

“Kita tetap mengedepankan protokol kesehatan. Dimana, para peserta diwajibkan untuk menggunakan masker. Jumlah peserta juga kami batasi, hanya 15 peserta,” kata Lusiana.┬áPada pameran itu, ada beberapa hasil karya dipamerkan oleh para pelaku seni. Diantaranya, lukisan, hasil karya foto, sablon kaos dan karya seni lainnya.(rwf)

Comment