Pelaksana Proyek Revitalisasi Pasar Sentral Terapkan Protkes

GORONTALO – GP – Penerapan Protokol Kesehatan (Protkes) di Kota Gorontalo tidak hanya dilakukan di gedung perkantoran pemerintah dan swasta. Ya, para pelaksana proyek pembangunan fisik juga menerapkan hal yang sama kepada para pekerja atau buruh bangunan. Seperti halnya pelaksana pekerjaan revitalisasi pasar sentral.

Seluruh pekerja proyek itu diwajibkan untuk mentaati protokol kesehatan selama melaksanakan tanggung jawabnya. Tidak berkerumun, jaga jarak dan wajib mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk ke lokasi proyek. “Bahkan, mereka juga harus menjalani rapid test setiap waktu yang telah ditentukan oleh pelaksana. Kalau ada yang reaktif, di istirahatkan atau wajib menjalani isolasi. Itu apabila hasil swabnya positif. Kalau negatif, maka bekerja seperti biasa,” ungkap Walikota Gorontalo, Marten Taha ketika diwawancara sejumlah wartawan, Senin (30/11/2020) usai dirinya meninjau pelaksanaan proyek revitalisasi pasar Sentral.

Menurut Marten, penerapan protokol kesehatan oleh pelaksana proyek revitalisasi pasar sentral ini patut ditiru oleh pelaksana proyek lain yang mempekerjakan buruh dengan jumlah yang besar. Hal ini demi mencegah atau memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di lingkungan kerja, khususnya di Kota Gorontalo. “Covid-19 tidak pernah memandang status sosial manusia. Siapa saja bisa terjangkit. Jangankan para buruh, kita pejabat saja bisa terpapar apabila tidak menaati protokol kesehatan selama berada di lingkungan kerja. Olehnya saya berharap, penerapan protokol kesehatan yang dilakukan pelaksana pekerjaan revitalisasi pasar sentral ini dicontoh oleh pelaksana lain. Jika perlu, protokol kesehatannya lebih lengkap lagi, harus ada bilik disinfektan di pintu masuk lokasi proyek,” ujar walikota dua periode itu.

Pada kesempatan itu, Walikota Marten kembali mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Gorontalo untuk lebih patuh lagi dengan protokol kesehatan, meski kasus aktif Covid-19 di Kota Gorontalo mengalami penurunan yang signifikan jika dibanding pada bulan-bulan sebelumnya. “Jangan pernah lengah. Tetap waspada dengan Covid-19. Gunakan masker ketika berada di luar rumah, tidak berkerumun, dan rajin mencuci tangan selama 20 detik. Apabila kita tetap taat dengan protokol kesehatan, insya Allah kita tidak mudah terjangkit,” tutup Marten.(rwf)

Comment