Nelson, Hamim, Kilat, Ngantor Lagi

GORONTALO-GP- Setelah menjalani cuti selama dua bulan lebih, para kepala daerah yang bertarung di Pilkada 2020 kembali akan menjalankan tugasnya sebagai pemimpin daerah. Ada dua kepala daerah dan seorang wakil kepala daerah di Gorontalo yang akan kembali berkantor pada Senin (7/12) mendatang. Yaitu Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Wakil Bupati Bone Bolango Kilat Wartabone serta Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo. “Insya Allah Senin, 7 Desember 2020 nanti pak Bupati dan Wabup aktif lagi untuk menjalankan pemerintahan di Bone Bolango memulai aktifitas seperti sedia kala,”ujar Sekretaris Daerah Bone Bolango Ishak Ntoma kepada wartawan kemarin.

Hanya saja diakui Ishak Ntoma, tidak ada apel pagi untuk seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) karena ada larangan pengumpulan massa yang menyebakan kerumunan warga. Dijelaskan Ishak Ntoma dalam menjalani masa tugasnya kembali, Bupati dan Wabup akan fokus dalam penanganan pandemi Covid-19 .  “Selain fokus masalah Pandemi Covid-19, juga di ditambah dengan fokus program 2021 dan evaluasi akhir tahun APBD tahun 2020,”tandas Ishak.

Sementara itu dihubungi terpisah Hamim Pou mengaku telah selesai menjalani masa kampanye. Dia memastikan akan kembali berkantor bersama Wabup. “Pekan depan saya dan Pak Wabup akan kembali bertugas,” kata Hamim Pou baru-baru ini kepad wartawan.  Dikatakannya, fokus pertama yang akan diseriusi oleh dirinya bersama wabup ketika kembali berkantor, salah satunya adalah pelaksanaan Pilkada damai, sukses dan lancar, serta pencegahan penyebaran Covid-19.

Di setiap kesempatan kata Hamim, selalu mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat (Kamtibmas). Selain itu mencegah adanya penularan virus Covid-19 juga pemulihan ekomi akibat dampak pamdemi covid-19. “Bonebol sudah jadi zona merah.Jadi kami harus berjuang lagi untuk menjadikan zona hijau. Padahal tinggal beberapa orang. Sayang kali ini sekali guru-guru SMA juga terkena covid. Nah ini menjadi fokus kita dalam beberapa waktu kedepan jika aktof ngantor lagi.

Kondisi yang sama juga terjadi di Kabupaten Gorontalo. Petahana Nelson Pomalingo juga dipastikan akan mulai menjalani tugasnya memimpin daerah pada Senin pekan depan. “Beliau masuk tanggal 5,tapi karena hariSabtu dan minggu Libur maka efektifnya itu hari Senin,” jelas Kepala Bagian Tata Pemerintahan Ismet Tuhala. Dengan berakhirnya cuti tersebut, pucuk pimpinan Pemkab Gorontalo yang saat ini dipegang Wabup Herman Walangadi berakhir juga.  “Sejauh ini memang PLT itu tugas utamanya bagaimana menyukseskan Pilkada, hal-hal yang tidak prinsip boleh ditanda tangani (Plt Bupat) seperti surat jalan. Tapi kalau soal prinsip dan kebijakan harus dilakukan oleh Bupati Definitif,” jelas Ismet.

Sementara itu informasi yang berhasil dirampung Gorontalo Post, setelah masa curi selesai Nelson Pomalingo bakal langsung bekerja. Ahad besok, sejumlah agenda pemerintah akan mulai dijalani. (roy/nat)

Comment