2021, Pemkot Anggarkan Belanja Vaksin Covid-19 

GORONTALO- GP – Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo berencana menganggarkan belanja vaksin Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Ini diungkapkan Walikota Gorontalo, Marten Taha ketika diwawancarai sejumlah wartawan di depan Rumah Dinas (Rudis) Walikota, pekan kemarin.

“Tahun depan (2021) kita (Pemkot) akan menganggarkan pembelian vaksin untuk virus Corona, meski diawal-awal akan mendapatkan gratis dari Satgas penanganan Covid-19 pusat. Tapi, selanjutnya kita akan beli sendiri dan kita vaksin masyarakat kita sendiri,” ungkap Walikota Marten.

Pembelian vaksin ini, kata Marten, merupakan salah satu bentuk dukungan Pemkot Gorontalo kepada pemerintah pusat dalam hal penanganan Covid-19, khususnya di Kota Gorontalo. “Kita akan terus mendukung pemerintah pusat mengedalikan Covid ini. Salah satunya dengan memberi vaksin kepada warga di Kota Gorontalo,” tandas Walikota.

Dihubungi terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Gorontalo Muhamad Kasim mengatakan, jika nantinya vaksin Covid-19 diterima Pemerintah Kota Gorontalo, maka terlebih dahulu yang akan divaksin adalah para Tenaga Kesehatan (Nakes) yang bertugas melayani pasien Covid-19 di Rumah Sakit Aloei Saboe (RSAS). Berikut para aparat TNI/Polri, ASN dan pejabat publik.

“Petugas medis yang merawat pasien covid akan kami prioritaskan. Mengapa demikian ? Karena mereka dianggap paling rentan tertular Covid. Kemudian para petugas medis yang ada di fasilitas-fasilitas kesehatan. Jika semua sudah selesai, selanjutnya yang akan di beri vaksin adalah anggota TNI/Polri dan para PNS yang tugasnya banyak melayani masyarakat,” ungkap Muhamad.(rwf)

Comment