Fadel Effect : HPMU, SMS, dan NDH Unggul

Fadel Muhammad ketika pose bersama dengan Hamim Pou dan Merlan Uloli. Pada kesempatan itu, Fadel menyatakan dukungannya ke pasangan yang diusung Nasdem, PKS dan Demokrat itu. (Foto : doc)

GORONTALO – GP – Hari pencoblosan Pilkada 2020 serentak di tiga kabupaten, Provinsi Gorontalo telah usai. Hasil sementara menunjukkan, Hamim Pou dan Merlan Uloli (HPMU) berada di posisi teratas di Pilkada Bone Bolango. Nelson Pomalingo dan Hendra Hemeto (NDH) menempati peringkat pertama perolehan suara di Pilkada Kabupaten Gorontalo. Sementara di Kabupaten Pohuwato, Syaipul Mbuinga dan Suharsi Igrisa (SMS) bertengger di peringkat pertama.
Keunggulan sementara tiga paslon di tiga daerah itu dalam perhitungan suara ini tak lepas dari dukungan tokoh-tokoh penting. Ya, dukungan para tokoh-tokoh itu dipercaya sangat mempengaruhi perolehan suara para paslon. Dari barisan para tokoh yang mendukung HPMU, NDH dan SMS, ada tokoh penting yang dinilai sangat memberi pengaruh positif, yakni Fadel Muhammad.
“Dukungan yang diberikan pak Fadel ke pak Hamim, pak Nelson dan ibu Suharsi sangat memberikan efek atas kemenangan yang mereka raih,” ucap Ramansyah, pengamat komunikasi politik Gorontalo, Kamis (10/12) kepada wartawan.
Menurutnya, dukungan politis yang diberikan Fadel Muhamad ke tiga paslon itu menjadi arah dukungan masa militan yang terus mengakar di daerah yang berjuluk serambi madinah ini. “Pernyataan dukungan pak Fadel itu, membuat rujukan untuk para masa militannya,” kata Ramansyah yang juga dosen ilmu komunikasi politik dan media di Universitas Ichsan Gorontalo.
Seperti diketahui, 19 November silam, Fadel Muhamad menemui Hamim Pou dan Merlan Uloli di kediaman Hamim Pou di Desa Popodu, Bone Bolango. Selain memberikan dukungan, pada pertemuan itu, Fadel juga mengakui kepemimpinan Hamim yang mampu menjadikan Bone Bolango sebagai salah satu daerah maju. “Saya mengenal Hamim semenjak saya menjadi gubernur dan beliau juga banyak membantu pemerintahan, ketika saya menjabat Gubernur,” kata Fadel.
Sebelum menemui Hamim, Fadel terlebih dahulu mendatangi Nelson Pomalingo pada tanggal 18 November. Pada kesempatan itu, Fadel secara terang-terangan menyatakan dukunganny kepada Nelson. Dukungan itu diberikan, karena Fadel menilai Nelson merupakan sosok pemimpin yang peduli dengan kesejahteraan rakyat.(rwf/adv)

Comment