Bocah Hilang Dua Hari, Ditemukan di Gunung Poga

GORONTALO, GP – Seorang bocah siswa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bone Bolango hilang saat mandi di sungai dekat kebun milik orang tuannya. Adalah Tasya Manopo (9) bocah polos ini ditemukan aparat gabungan TNI-Polri setelah dua hari dilakukan pencarian di tengah hutan kaki gunung Poga, Kabupaten Bone Bolango, Rabu (16/12).
Informasi yang dihimpun Gorontalo Post, sebelum dinyatakan hilang, pada Senin (14/12) sekitar pukul 13.00 Wita Tasya sedang berada dipondok. Tak lama berselang Tasya meminta ijin kepada kakaknya yakni Winda Manoppo untuk mandi di sungai yang berada di dekat kebun milik Taib Tongkono (kakak ipar dari Tasya).

Sungai itu tak jauh dari kebun mereka tepatnya di Gunung Poga dusun 2 Desa Bondawuna, Kecamatan Suwawa, Selatan Kabupaten Bone Bolango. Setelah sekian lama ditunggu oleh saudaranya Winda, Tasya tidak muncul-muncul di pondok. Tanpa berfikir panjang, Winda pergi untuk menjemput korban yang mandi di sungai. Betapa kagetnya Winda setibannya di sungai tempat korban mandi, ternyata korban sudah tidak ada. Saat itu juga Winda Manoppo memberitahukan kepada suaminya yakni Taib Tongkonoo, bahwa adiknya tidak ada di sungai tempat korban mandi. Kemudian Winda Manoppo dan Taib Tongkonoo langsung mencari korban di sekitar kebun.

Hanya saja upaya pencarian yang dilakukan keduannya tidak membuahkan hasil. Keesokan harinya Selasa (15/12) sekitar pukul 11.30 Wita, Winda Manoppo datang di kantor Desa Bondawuna Kecamatan Suwawa Selatan, Bone Bolango memberitahukan kepada Kepala Desa bahwa adiknya Tasya Manoppo telah hilang. Kemudian Kades Bondawuna menghubungi pihak Kepolisian Sektor Suwawa dan melaporkan peristiwa itu. Sekitar pukul 13.00 Wita, anggota Polsek Suwawa yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Suwawa AKP R. Dian Nugraha Wijaya, S.I.K. langsung berangkat ke kantor Desa Bondawuna.

Sekira pukul 14.00 Wita anggota Polsek Suwawa yang dipimpin Kapolsek Suwawa bersama Babinsa Koramil Suwawa dan didampingi aparat desa, bersama-sama pergi ke tempat kejadian korban pertama hilang. Lokasinya berjarak kurang lebih 6 km dari lokasi parkir kendaraan roda empat. Selanjutnya ditempuh dengan berjalan kaki melewati hutan dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Sekitar pukul 15.30 Wita, Kapolsek bersama tim sampai di tempat korban hilang yakni di area kebun Gunung Poga dusun 2 Desa Bondawuna dan langsung melakukan pencarian korban yang hilang.

Setelah beberapa lama dilakukan pencarian, sekitar pukul 16.45 Wita pencarian korban hilang dihentikan dan Kapolsek Suwawa memerintahkan untuk kembali pulang dikarenakan cuaca mendung dan menjelang malam. Kemudian dalam perjalanan pulang sekitar pukul 17.05 Wita, tidak sengaja aparat gabungan bertemu dengan korban dalam keadaan takut (trauma) dan wajah pucat. Pasalnya, sudah seharian sejak hilang korban belum makan dan minum.

“Kami langsung membawa korban ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan medis,”kata Kapolsek Suwawa AKP R. Dian Nugraha Wijaya, S.I.K kepada wartawan koran ini, kemarin. Selanjutnya korban langsung diberikan pertolongan pertama dengan memberikan makanan dan minuman. Kemudian korban langsung di bawa ke rumah kakaknya di Desa Bondawuna, Suwawa Selatan, Bone Bolango, setelah korban berganti baju, kemudian korban langsung di bawa ke Puskesmas Suwawa untuk diperiksa kesehatannya.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh perawat yang berada di Puskesmas bahwa korban dinyatakan sehat dan pihak puskesmas menyuruh keluarga korban untuk istirahat dan memberikan makan-makanan yang bergizi. “Ya, tindakan Kepolisian menerima Aduan masyarakat, Mendatangi TKP dan Melakukan pencarian terhadap korban hingga dapat serta membawalari korban ke puskesmas terdekat,” kata Dian Nugraha sembari menghimbau kepada masyarakat agar memperhatikan anak-anak saat berada di hutan. Kondisi cuaca yang tidak mendukung serta hutan yang lebat bisa memicu anak hilang saat bermain di hutan. (roy/tr-69)

Comment