Di Boalemo, Anas Divaksin Pertama

BOALEMO -GP– Program vaksinasi Covid-19 di Gorontalo akan segera menyasar seluruh kabupaten-kota. Setelah sebelumnya baru menjangkau tiga daerah yaitu Kabupaten Gorontalo, Bone Bolango dan Kota Gorontalo.  Kemarin (3/2), program vaksinasi Covid-19 mulai berjalan di Kabupaten Boalemo. Sama seperti di daerah yang sudah melaksanakan vaksinasi, penyuntikkan vaksin di Boalemo diawali dari kepala daerah. Plt Bupati Boalemo, Anas Jusuf menjadi orang pertama yang disuntikkan vaksin.

Sebelum dilakukan vaksinasi, Plt Bupati Boalemo Ir. Anas Jusuf, M.Si mencanangkan vaksinasi covid-19 tingkat Boalemo, bertempat di Pendopo Kantor Bupati. Pencanangan tersebut dihadiri Forkopimda, Sekda Sherman Moridu, Wakil Ketua TP PKK Boalemo Lisna Mohi, para asisten dan Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Boalemo.
Plt Bupati Boalemo Ir. Anas Jusuf, M.Si menyampaikan, vaksinasi covid-19 merupakan upaya untuk mengurangi transmisi atau penularan covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat covid-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (Heard Immunity) dan melindungi masyarakat dari covid-19, agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

“Sasaran pelaksanaan vaksinasi covid-19 adalah masyarakat yang berusia 18 tahun sampai dengan 59 tahun, yang sehat jasmani dan rohani. Vaksin ini tidak diberikan kepada yang pernah positif atau terkonfirmasi covid-19, termasuk bayi, balita, ibu hamil, ibu menyusui dan Lansia, serta yang mempunyai penyakit lainnya yang sangat berat dan tidak terkontrol,” jelasnya.

Anas Jusuf menambahkan, pemberian vaksinasi covid-19 difasilitasi pelayanan kesehatan milik pemerintah maupun swasta yang direkomendasikan dan terdaftar pada BPJS. Pemberian vaksin ini akan dimulai dari pejabat daerah, Forkopimda, tenaga kesehatan yang tergabung dalam gugus penanganan covid-19. “Vaksin ini aman untuk digunakan pada semua orang dan dilaksanakan secara bertahap. Oleh karena itu, saya berharap kepada masyarakat agar mendukung pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Boalemo,” harapnya. (kif)

Comment