Selamat Bekerja

GORONTALO -GP- Tiga pasang kepala daerah terpilih di Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo dan Pohuwato, Jumat (26/2) hari ini akan dilantik menjadi kepala daerah definitif. Pelantikan terhadap Bupati-Wakil Bupati Bone Bolango Hamim Pou-Merlan Uloli, Bupati-Wakil Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo-Hendra Hemeto dan Bupati-Wakil Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga-Suharsi Igrisa, akan dilakukan oleh Gubernur Rusli Habibie, di teras Rudis Gubernur. Pelantikan akan menerapkan protokol kesehatan ketat. Yang akan menghadiri pelantikan dibatasi hanya 25 orang.

Pelantikan tiga pasang kepala daerah ini menyudahi seluruh proses Pilkada. Juga menandai berakhirnya masa tugas pelaksana harian (Plh) bupati di tiga daerah itu. Karena proses pelantikan hari ini menandai dimulainya masa jabatan tiga pasang kepala daerah definitif itu, hingga 2024 mendatang.
Setelah dilantik menjadi kepala daerah, Hamim-Merlan, Nelson-Hendra dan Syaiful-Suharsi, tidak boleh berleha-leha.

Tiga pasang calon kepala daerah itu, harus segera tancap gas. Menangani persoalan pembangunan di masing-masing daerah. Persoalan besar yang sudah menanti tiga kepala daerah baru itu, sudah tentu adalah penanganan ekonomi yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Selain mempersiapkan fondasi untuk pencapaian visi misi dan program kerja serta janji politik, yang sudah disampaikan ke masyarakat saat kampanye Pilkada beberapa waktu lalu.

Tapi dalam 100 hari ke depan, masing-masing kepala daerah punya langkah berbeda mengawali tugasnya. Bupati Bone Bolango terpilih Hamim Pou menyatakan, dia bersama Wakil Bupati terpilih, Merlan Uloli akan fokus pada pemulihan ekonomi. “Kita akan fokus memulihkan ekonomi terlebih dahulu,” kata Hamim.

Diungkapkannya, pemulihan ekonomi di Bone Bolango akan diwujudkan melalui dua cara, yakni menyedot minat pelancong mulai dari lokal, nasional, hingga internasional untuk mengunjungi destinasi wisata yang ada di Bone Bolango dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.
Yang ke dua, lanjut Hamim, menggenjot sektor Usaha Mikro Kecil Menengah.

“Nantinya kita akan dorong pelaku UMKM untuk menjalankan usahanya di destinasi-destinasi wisata yang ada,” tandas Hamim sembari menambahkan, sehari setelah pelantikan nanti, dirinya dan Merlan Uloli beserta warga Bone Bolango akan melakukan penanaman pohon kurang lebih 43.099 pohon. “Satu hari setelah saya dan ibu Merlan dilantik, kami akan menanam pohon kurang lebih 43.099. Ini sebagai tanda terima kasih kepada warga yang telah memilih kami untuk memimpin Bone Bolango,” pungkas Hamim.

Sementara itu, Bupati Gorontalo terpilih Nelson Pomalingo mengatakan, langkah awal yang akan dilakukan setelah dilantik adalah melakukan konsolidasi. Baik konsolidasi dengan semua pasangan calon, dengan pemerintah, rakyat serta ASN. Termasuk konsolidasi perencanaan, konsolidasi sumber daya dalam ragka 100 hari ke depan dan satu tahun ke depan.

“Insya allah 100 hari kerja pertama kita akan melakukan konsolidasi dengan rakyat agar tetap bersatu termasuk dengan pasangan lainnya, selanjutnya juga konsolidasi dengan perencanaan dalam hal ini RPJMD 2021-2026 harus diselesaikan sebagai pedoman dan alhamdulillah di pemerintah daerah saat ini sudah ada rancangannya dan tinggal kita finalkan,” jelas Nelson.

Sementara itu, Bupati terpilih Pohuwato, Saipul Mbuinga mengatakan, untuk program 100 hari kerja pasangan Saipul-Suharsi, tidak akan lari dari visi-misi yang pernah disampaikanya kepada masyarakat. “Tentunya ini tidak akan lari dari visi-misi sebagai kontrak politik serta amanah kami kepada rakyat. Dimana point perpoin program kerja 100 hari kami, akan disampaikan secara resmi pada saat saya akan dilakukan prosesi pelantikan nanti,” jelasnya.

Tak hanya program visi-misi yang disampaikanya, Saipul juga menjelasakan, dirinya akan berkunjung kepada tiga paslon lainya untuk berdiskusi yang nantinya sebagian visi-misi dari tiga paslon tersebut akan diadopsinya dalam program pembangunan Kabupaten Pohuwato ke depan. “Saya justru akan berdiskusi dengan beliau-beliau sebagai putra-putri terbaik daerah, yang Insya Allah saya akan mengadopsi beberapa hal penting dari program dari visi-misi yang disampaikan oleh ketiga paslon lain. Saya meyakini bahwa ketiga paslon lainya akan menerima saya dengan baik,” pungkasnya. (rwf/wie/ayi/ryn)

Comment