Tonny Pinang Marten ke Pilgub

GORONTALO -GP- Sejumlah kader Golkar yang membidik Pilgub Gorontalo 2024, mulai bergerilya. Menyiapkan kendaraan politik, termasuk calon pasangan yang akan berduet di Pilkada nanti. Salah satu kader Golkar yang mulai mempersiapkan diri adalah mantan Wakil Gubernur Tonny Uloli. Politisi Golkar yang menjadi pengusaha sukses itu, Senin (1/3) kemarin, menemui Walikota Gorontalo Marten Taha di rudis walikota.

Keduanya terlibat perbincangan serius kurang lebih satu jam. Selain bernostalgia, Tonny juga secara terang-terangan meminang Marten untuk mendampinginya di Pilgub nanti.¬†“Beliau sedikit menyinggung soal Pilgub. Pak Tonny menyatakan benar-benar serius akan maju di Pilgub. Pak Tonny juga bilang, kalau masih banyak waktu untuk persiapan. Kan Pilgub batal 2022 dan nanti 2024. Saya tanya, maksudnya apa itu pak Tonny ? Dia bilang sama saya, dia siap lahir batin kalau bersama saya,” ujar Marten Taha saat diwawancarai Gorontalo Post, setelah menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Kelurahan Libuo, Kecamatan Dungingi, Kota Gorontalo, Senin (1/3).

Sebelum bertemu Marten, Tony Uloli, rupanya sudah bertemu dengan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang juga ketua DPD I Golkar Provinsi Gorontalo, akhir pekan kemarin. Keduanya bertemu di Boalemo. Di villa milik Rusli Habibie.

“Sebelum bertemu dengan saya, pak Tonny bilang dia terlebih dahulu bertemu dengan pak Rusli. Dia bilang ke saya, dia diajak pak Rusli untuk menginap di villa pak Rusli di Boalemo hari Sabtu dan Minggu. Dan pak Tonny bilang, apa yang disampaikan kepada saya di pertemuan tadi, disampaikan juga ke pak Rusli,” ungkap Marten yang juga Ketua DPD II Golkar Kota Gorontalo itu.

Ketika ditanya, apakah Marten bersedia mendampingi Tonny Uloli ? Marten hanya menjawab, konstalasi masih bisa berubah. Artinya, dirinya masih akan melihat perkembangan dan situasi. “Kita liat perkembangan dan situasi, kalau wacana berkembang, biar saja wacana itu. Hanya pak Tonny bilang bahwa dia benar-benar siap maju,” pungkas Marten.

Tonny dan Marten adalah sahabat lama. Keduanya sudah berteman sejak di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Hubungan emosional mereka makin terbangun, ketika Marten duduk sebagai Ketua DPRD Provinsi Gorontalo dan Tonny Uloli menjabat sebagai Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo.

Tonny dan Marten sendiri bernaung dipartai yang sama yakni Golkar. Jika keduanya memang akan berpasangan, besar kemungkinan partai Golkar akan menjadi kenderaan politik mereka. Terpisah, Tonny Uloli yang dihubungi via whatsapp, kemarin, terkait keseriusanya bertarung di Pilgub Gorontalo, tidak memberi respon, hanya saja di salah satu grup whatsapp, eks Wakil Gubernur ini sempat memposting foto dirinya bersama Marten Taha, kemarin. (rwf)

Comment