Bangga Kencana Tingkatkan Kualitas Keluarga

LIMBOTO – Sosialisasi advokasi dan komunikasi, informasi, edukasi (KIE) Program Pembangunan Keluarga, Kependuudkan dan Keluarga Berencana, (Bangga Kencana), dilakukan BKKBN Provinsi Gorontalo, berlangsung di Kabupaten Gorontalo, Ahad (14/3). Kegiatan ini melibatkan langsung Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Hj. Nihayatul Wafiroh.

Pimpinan komisi yang membidangi BKKBN itu, mengatakan, Bangga Kencana yaitu melakukan pembangunan keluarga dengan ekonomi produktif dan pelaksanaan fungsi keluarga. Dengan kata lain, prograng Bangga Kencana turut membantu kesejahteraan keluarga.¬† “Dalam hal inilah maka kader KB juga dituntut untuk bisa ikut memberdayakan ekonomi keluarga,” ucapnya pada sosialisasi bersama mitra kerja, di Kabupaten Gorontalo.

Nihayatul Wafiroh yang baru pertama kali ke Gorontalo itu mengatakan, program Bangga kencana memiliki tujuan jelas, yakni mensejahterakan keluarga dan meningkatkan kualitas keluarga. Program itu merupakan wujud dari upaya pemerintah melaksanakan kebijakan pembangunan keluarga melalui peningkatan delapan kualitas penduduk yang diukur dengan peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, kebijakan kependudukan melalui aspek pengendalian kuantitas penduduk dan Keluarga Berencana.

Menurutnya, pemberdayaan ekonomi keluarga bisa dengan menggali potensi yang ada di daerah masing-masing. “Untuk itulah kita harus kreatif, juga jeli melihat potensi yang ada. Ini sebagai upaya ikut memberdayakan ekonomi keluarga,” kata dia, lagi dan mengajak warga untuk terus memperkenalkan KB dengan cara baru dan menyikapinya di masa pandemi COVID-19. “Saya harap program KB terus diperkenalkan dengan cara-cara baru. Para ibu juga mari kita jaga kesehatan masing-masing terutama dari pandemi COVID-19,” ungkap Nihayatul. (tro*)

Comment