Pelayanan Dukcapil Maksimal 15 Menit

GORONTALO, GP – Yusrianto Kadir akhirnya resmi dilantik sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Gorontalo, Rabu (24/3) di aula kantor walikota Gorontalo. Yusrianto dilantik oleh Walikota Gorontalo, Marten Taha setelah mendapat rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendari) RI.

Satu penegasan yang disampaikan Walikota Marten kepada Kepala Dinas Dukcapil yang baru, yakni pelayanan masyarakat maksimal 15 menit. Penegasan ini disampaikan Marten saat diwawancarai sejumlah wartawan usai melakukan pelantikan. “Tugas dia itu dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat untuk bisa memperoleh identitas diri apapun, harus dilayani yang prima, pelayanan yang maksimal, harus pakai standar Kemendagri.

Setiap masyarakat yang datang, mulai dari mendaftar sampai bawa kartu, maksimal 15 menit, kalau jaringan internet normal. Kalau lewat 15 menit dan jaringan internet tidak alami gangguan, berarti pelayanannya tidak maksimal. Saya sudah tegaskan ke saudara Yus tadi itu,” tegas Marten.

Marten juga mengatakan, posisi Kepala Dinas Dukcapil adalah jabatan yang strategis. Kata Marten, administrasi Kependudukan yang valid merupakan salah satu kunci untuk menuntaskan berbagai persoalan pembangunan. “Karena di Dukcapil itu terdapat semua data masyarakat. Mulai dari umur, gender, angkatan kerja, yang sekolah, yang tidak sekolah, yang produktif, yang tidak produktif, yang sudah menikah, yang belum menikah, yang mampu dan yang tidak mampu.

Data kependudukan adalah kunci atau awal dari sebuah proses perencanaan pembangunan yang akan dinikmati oleh masyarakat itu sendiri,” ujar Marten.Contohnya, kata Marten, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang menjadi rujukan pemerintah dalam menyalurkan berbagai macam bantuan. “Itu DTKS datanya berdasarkan data kependudukan. Makanya seperti yang saya bilang tadi, posisi kepala Di dukcapil ini sangat strategis.

SK pelantikannya saja, bukan hanya SK Walikota saja, harus SK Kemendari juga,” kata Marten. “Kita kepala daerah tidal bisa sewaktu-waktu mengganti kepala Disdukcapil, harus ada persetujuan Kemendagri,” sambung Marten. Ditempat yang sama, Kepala Dinas Dukcapil Kota Gorontalo yang baru, Yusrianto Kadir mengatakan, dirinya siap menindak lanjuti permintaan Walikota Gorontalo yakni pelayanan maksimal 15 menit. Upaya itu, kata Yusrianto, akan diwujudkan dengan cara, penataan organisasi dan kelembagaan, peningkatan kualitas SDM, penataan sarana dan prasarana.(rwf)

Comment