Persoalan Sampah Harus Diseriusi

GORONTALO – GP – Masalah persampahan di kota besar dan tengah berkembang seperti di kota Gorontalo, tidak akan pernah habisnya, dan butuh pengelolaan sampah yang lebih baik lagi dari pemerintah. Bahkan jenis-jenis sampah yang ada di masyarakat tentunya perlu di sosialisasi-kan.

Aleg Komisi C DPRD Kota Gorontalo, Andi Helda M Nyiwi mengatakan bahwa, kota Gorontalo tentunya telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang persampahan. Dengan melihat realita di masyarakat, bahwa banyak bak sampah yang disediakan oleh pemerintah kota Gorontalo, tapi malah masalah sampah di kota Gorontalo ini seperti tidak akan ada habisnya, masyarakat sering membuat sampah sembarangan serta masyarakat, tapi itu di picu dengan kurangnya sosialisasi di masyarakat.

“Bak sampah yang disediakan oleh pemerintah kota Gorontalo itu berjarak sekitar 20 meter, tapi sayangnya banyak juga yang buang sampah diluar bak sampah yang telah disediakan,” ungkap Andi, Ia menyampaikan bahwa, hal-hal yang sering timbul di masyarakat ini sudah diatur dalam perda tersebut, sehingga harus memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Kota Gorontalo semakin hari semakin berkembang, akan banyak juga investor yang akan datang, sehingga itu pemerintah kota Gorontalo perlu ada regulasi yang mengaturnya dulu,” ungkapnya. Pemerintah juga perlu melakukan sosialisasi di masyarakat terkait dengan jenis sampah.

“Apalagi para pekerja rumah tangga, mereka kalau buang sampah langsung buang saja, tanpa harus memilah mana yang sampah basah, sampah kering dan jenis sampah lainnya. Untuk itu sosialisasi¬† yang paling penting,” ujar ketua fraksi Gerindra ini. (wan)

Comment