Kapolri Mutasi Tiga Kapolres di Gorontalo

GORONTALO – GP- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali melakuka mutasi besar-besaran. Dari 348 personel kepolisian mulai dari perwira tinggi (Pati) hingga perwira menengah (Pamen) yang dirotasi. Enam diantaranya merupakan pejabat Polri di lingkungan Polda Gorontalo.

Informasi yang dihimpun Gorontalo Post, mutasi jabatan yang tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (STR) nomor ST/1129/VI/KEP/2021 tanggal (1/6) yang ditandatangani oleh As SDM Polri, Irjen Sutrisno Yudi Hermawan atas nama Kapolri. Terdapat tiga Kapolres di Gorontalo yang ikut dimutasi. Tiga Kapolres itu yakni Kapolres Pohuwato AKBP Teddy Rayendra SIK MIK dimutasi menjadi Kapolres Lebak. Selanjutnya yang mengisi jabatan Kapolres Pohuwato digantikan oleh AKBP Joko Sulistiono SH SIK MH.

Selain itu Kapolres Gorontalo Kota AKBP Desmont Harjendro Agiston Putra SIK.,MT dimutasi menjadi Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadirlantas) Polda Gorontalo. Selanjutnya yang menjabat Kapolres Gorontalo Kota yakni digantikan oleh AKBP Suka Irawanto, SIK.,M.Si yang sebelumnya Kapolres Bone Bolango. Untuk Jabatan Kapolres Bone Bolango diisi oleh AKBP Emile Reisitei Hartanto SIK yamg sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit IV Direktorat (Dit Reakrimsus) Polda Papua.

Di level Pejabat Utama (Pama) giliran Kepala Biro (Karo) Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Gorontalo Kombes Pol Nanang Djunaedi SIK dimutasi menjadi Karo SDM Polda Papua. Jabatannya digantikan oleh AKBP Agus Nugroho SIK.,MH yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbag Anev Binkar Baganev Rojianstra SSDM Polri. Sementara itu di level direktur, giliran Direktur Reskrimsus Kombes Pol Sumitro SH dimutasi ke DIVKUM Polri sebaga analis utama.

Jabatannya digantikan oleh Kombes Pol Deni Okvianto SIK.,SH.,M.H yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Reskrimum Polda Gorontalo. Jabatan Direktir Reskrimum selanjutnya digantikan oleh AKBP Nur Santiko SIK MH yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbagdiklat Bagkembangtas Romisinter DivHubinter Polri. “Iya benar mutasi tiga kapolres, dua direktur dan satu Kepala Biro (Karo) tersebut,”kata Kabid Humas Polda Gorontalo, Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono, S.I.K, saat dikonfirmasi Gorontalo Post, kemarin.

Diungkapkan Wahyu, mutasi tugas itu mulai berlaku 14 hari sejak dikeluarkannya STR. Saat ini kata Wahyu, para pejabat polri yang dimutasi itu masih menunggu serah terima jabatan. “Jadi surat TR itu memang rutin dilakukan oleh tubuh Polri. Hal ini sebagai penyegaran organisasi, baik tour of duty maupun tour of area,” kunci mantan Kapolres Bone Bolango ini.

Dihubungi terpisah AKBP Suka Irawanto yang kini dipromosi menjadi Kapolres Gorontalo Kota mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung tugas-tugasnya selama menjadi Kapolres Bone Bolango. “Tanpa dukungan masyarakat dan seluruh stakeholder kami tentu tidak bisa berbuat banyak. Untuk itu saya berterima kasih atas dukungannya selama ini khususnya bagi teman-teman media yang sudah membantu mempublis semua program Polres Bone Bolango,”tandas Kapolres yang hoby Otomotif ini.(roy)

Comment