Pelaksanaan TVS, Marten Minta Prokes Diterapkan

GORONTALO, GP – Walikota Gorontalo, Marten Taha meminta pelaksanaan Tempta Vaksinasi Serentak (TVS) menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat.

Permintaan ini disampaikan walikota dua periode itu saat dirinya membuka pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan sejumlah organisasi masyarakat di kelurahan Dembe, Kecamatan Kota Utara tepatnya di kompleks Sekolah Dasar Negeri (SDN) 99, Kamis (12/8).

“Tentunya, dalam melaksanakan TVS ini, saya harap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” tandas walikota dua periode itu.

Caranya, lanjut Marten, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi pembina kelurahan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) pemerintah Kecamatan, Kelurahan, Babinsa, Babinkantibmas, serta ketua RT/RW harus melakukan koordinasi saat mendatangkan warga ke lokasi vaksinasi.

“Tidak boleh mendatangkan mereka yakni masyarakat secara serentak, mungkin diatur 50 orang. Atau tidak waktu kedatangan mereka di atur. Ini dapat dijalankan dengan baik, jika dikoordinasikan dengan baik,” tutur Marten.

Lebih lanjut, Marten mengatakan, penerapan prokes saat pelaksanaan vaksinasi adalah hal yang mutlak untuk dilaksanakan. Terutama, kata Marten, mencegah terjadinya kerumunan atau penumpukan warga di satu tempat.

“Kalau penggunaan masker, cuci tangan, mayoritas masyarakat mulai terbiasa. Hanya saja, kerumunan. Ini yang masih terjadi ditengah-tengah masyarakat. Kerumunan ini tolong diperhatikan pada saat vaksinasi di kelurahan nanti, Satpol PP yang bertugas, ataupun aparat kelurahan, tolong kalau melihat ada kerumunan, langsung ditegur dengan cara yang humanis,” pungkas Marten.(rwf)

Comment