Pengendalian Inflasi, Kota Gorontalo Terbaik se Sulawesi

  • Whatsapp
Walikota Gorontalo Marten Taha bersama sejumlah aparatnya melakukan selebrasi kecil-kecilan ketika Kota Gorontalo diumumkan sebagai daerah terbaik se-Sulawesi dalam mengendalikan inflasi tahun 2020 pada Rakornas pengendalian inflasi tahun 2021 yang dilangsungkan secara virtual, Rabu (25/8) di rudis walikota. (Foto : Prokopim)

GORONTALO- GP – Kota Gorontalo dinobatkan sebagai daerah terbaik dari Kabupaten dan Kota lain yang ada di pulau Sulawesi dalam hal pengendalian inflasi. Penobatan ini diumumkan pada Rapar Koordinasi Nasional (Rakornas) pengendalian inflasi tahun 2021 secara virtual yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo dan diikuti oleh seluruh kepala daerah, Rabu (25/8). “Alhamdulillah kita diumumkan sebagai daerah terbaik dalam pengelolaan inflasi di wilayah Sulawesi,” ujar Walikota Gorontalo, Marten Taha usai mengikuti Rakornas tersebut.

Marten mengatakan, prestasi yang diraih tersebut perlu diapresiasi. Pasalnya, kata Marten, langkah-langkah strategis yang selama ini dilaksanakan pihaknya dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Gorontalo akhirnya membuahkan hasil yang positif.

Bacaan Lainnya

“Saya kira ini perlu diapresiasi. Karena kita telah sukses melakukan langkah-langkah yang strategis dalam mengendalikan inflasi,” ujarnya.

Adapun langkah strategis yang diambil Pemerintah Kota Gorontalo, yaitu melaksanakan program 4K, yaitu memastikan Keterjangkauan harga, Ketersediaan bahan pokok, Kelancaran distribusi, dan Komunikasi yang efektif. “Seperti yang saya sampaikan kemarin, kita bertumpu pada 4K. Ini yang menjadi landasan utama kami dalam mengendalikan inflasi di Kota Gorontalo,” ucap Marten.

Selain 4K, lanjut Marten, pengendalian inflasi di Kota Gorontalo ditengah hantaman bencana non alam pandemi Covid-19, pihaknya juga fokus menjaga daya beli masyarakat. “Karena inflasi itu intinya masyarakat tidak memperoleh harga barang dengan kondisi mahal. Atau barang yang dibutuhkan, harus tersedia di pasar. Makanya harus ada ketersediaan pasokan,” ujar Marten.

Atas kesuksesan mengendalikan inflasi ini, Kota Gorontalo sukses menggondol TPID Award 2020. Award ini merupakan kali ke dua yang diterima Kota Gorontalo, setelah pada tahun 2020, Kota Gorontalo juga mendapat penghargaan yang sama yaitu TPID Award 2019. Penghargaan diterima langsung oleh Walikota Gorontalo Marten Taha di Jakarta.

“Ini sudah kali ke dua. Yang pertama awardnya saya terima langsung di Jakarta pada tahun 2020 di Jakarta,” ujar Marten.

Marten menambahkan, penghargaan yang didapatkan bukan menjadi tujuan utama Pemerintah Kota dan TPID Kota Goronntalo. Menurutnya, menjaga inflasi dibawah 3 persen adalah tujuan utama kami. “Tujuan utama kita menjaga inflasi ini adalah agar tidak ada masyarakat yang jatuh miskin, karena inflasi ini bisa memiskinkan rakyat,” tegas Marten.(rwf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *