Bagi-bagi Doorprize, Cara Pemkot Tarik Minta Warga Jalani Vaksinasi

  • Whatsapp
Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan F. Kono ketika menyerahkan doorprize kepada warga yang menjalani vaksinasi di TVS Kelurahan Buliide, Kamis (16/9). (Foto : Prokopim)
Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan F. Kono ketika menyerahkan doorprize kepada warga yang menjalani vaksinasi di TVS Kelurahan Buliide, Kamis (16/9). (Foto : Prokopim)

GORONTALO, GP – Ada yang menarik pada pelaksanaan Tempat Vaksinasi Serentak (TVS) di Kelurahaan Buliide, Kecamatan Kota Barat, yang diselenggarakan oleh pemerintah kelurahan setempat bekerjasama dengan Dikes Kota Gorontalo di dua lokasi, Kamis (16/9) kemarin. Adalah bagi-bagi doorprize bagi warga yang menjalani vaksinasi di TVS.

Menariknya lagi, bagi-bagi doorprize tidak hanya dilakukan sekali selama pelaksanaan kegiatan, melainkan tiap selang satu jam selama kegiatan dilangsungkan dengan sistem diundi.

Bacaan Lainnya

“Contohnya, warga yang datang menjalani vaksinasi pada pukul 08.00 sampai dengan 09.00 Wita, itu masuk kelompok pertama untuk mendapatkan doorprize. Terus yang menjalani penyuntikan pukul 09.00 sampai pukul 10.00 Wita, itu kita berikan lagi. Dan seterusnya hingga vaksinasi selesai dilaksanakan,” ucap Lurah Buliide, Nurdin Kaluku ketika diwawancarai awak media ini.

Berkat dengan strategi itu, kata Nurdin, warga antusias mengikuti vaksinasi. Berdasarkan data hingga pukul 13.00 Wita, lanjut Nurdin, warga yang menjalani vaksinasi sebanyak 142 orang dari 182 yang melakukan registrasi atau pendaftaran.

“Yang mendaftar 184, sementara yang tervaksin 142 orang. 40 orang tidak bisa menjalani vaksinasi karena tidak lolos screaning. Kebanyakan dari mereka yang tidak lolos screaning ini karena darahnya naik,” ungkap Nurdin.

Ia menambahkan, strategi mengadakan doorprize bagi warga yang menjalani vaksinasi merupakan inisiatif dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pembina kelurahan Buliide, yakni Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Gorontalo yang bertujuan untuk menarik minat warga mengikuti vaksinasi.

“Doorprizenya juga dari Dinas Perkim. Untuk itu, saya mengucapkan terimakasih banyak kepada Dinas Perkim yang telah menginisiasi sekaligus menyediakan doorprize ini,” katanya.

Senada dengan Nurdin, Kepala Dinas Perkim Kota Gorontalo, Heru Z. Thalib ketika dihubungi secara terpisah menyampaikan, tujuan dari pihaknya menyediakan doorprize ini untuk menyedot warga menjalani vaksinasi.

“Allhamdulillah, dengan cara ini banyak warga yang ikut vaksinasi tadi, meski tidak semuanya dapat disuntik dikarenakan tidak lolos screaning,” ujarnya.

Selain menyediakan doorprize, lanjut Heru, sehari sebelumnya juga aparat dari Dinas Perkim mendatangi rumah warga untuk memberikan edukasi pentingnya mengikuti vaksinasi. “Satu hari sebelum vaksin dilaksanakan, aparat saya sudah turun menemui warga dengan cara door to door untuk memberikan edukasi tentang vaksinasi,” pungkas Heru.(rwf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *