Klaster Budidaya Ikan Air Tawar,  Didukung BRI Pacu Pertumbuhan Ekonomi

  • Whatsapp
Bupati Bone Bolango Hamim Pou, didampingi Pimpinan BRI Cabang Gorontalo, Muh.Taswin Tadjuddin pada peresmian budidaya ikan air tawar klaster bioflok, di Desa Huntu Barat, Tapa, Senin (20/9). (foto : istimewa)

GORONTALO – GP – Pengembangan ekonomi masyarakat menjadi perhatian semua pihak, termasuk pemerintah dan pihak perbankan. Seperti di Desa Huntu Barat, Kecamatan Bulango Selatan, Bone Bolango, yang kini mengembangkan budidaya ikan air tawar melalui teknologi klaster bioflok, atau budidaya ikan dengan menggunakan kolam bioflok. Peresmian klaster bioflok ini dilakukan langsung oleh Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, Senin (20/9) kemarin.

Pelaku pengembangan klaster bioflok merupakan kelompok Boju Cemerlang yang telah menjadi binaan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Tapa, Cabang Gorontalo. Selain klaster bioflok, di Desa Huntu Barat, juga dikembangkan klaster Nila Jaya Perkasa dan kelompok Kolam Air Deras, yang merupakan binaan BRI Unit Tapa. Pada klaster bioflok, terdapat 15 anggota, yang semuanya telah diintervensi permodalanya melalui BRI dengan modal usaha KUR Mikro, KUR Super Mikro, dan Kredit Kemitraan.

Bacaan Lainnya

Menariknya, klaster budidaya ikan dengan teknologi bioflok yang dibentuk oleh Kepala Desa Huntu Barat, Talib Karim ini, memiliki visi dan misi yang sama dengan tujuan BRI, yakni menciptakan pertumbuhan ekonomi baru, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Tentunya dengan harapan agar ekonomi masyarakat desa tumbuh berkembang,” kata pimpinan BRI Cabang Gorontalo, Muh.Taswin Tadjuddin, yang hadir dalam peresmian klaster bioflok, kemarin.

Dikatakanya, BRI terus mendorong penguatan ekonomi masyarakat, termasuk yang memicu pertumbuhan ekonomi baru, melalui program KUR Mikro, KUR Supermikro, dan kredit kemitraan. “Ini merupakan solusi untuk penguatan UMKM yang berada di desa Huntu Barat dengan bunga yang terbilang sangat rendah,”ujar Muh.Taswin Tadjuddin, yang turut didampingi jajaran BRI Cabang Gorontalo, seperti Asisten Manajer Pemasaran Mikro, Raflin Kunu, Kepala BRI Unit Tapa, Muh.Iksan Hatta, dan Mantri BRI Unit Tapa, Deddy Christian Bakir. “Di desa Huntu barat ini ada pembibitan ikan air tawar, ikan lele, ikan mas, ikan bawal dan ikan air tawar lainya. Buat masyarakat Gorontalo kalau mau bibit-bibit ikan tersebut, bisa langsung berkunjung ke Desa Huntu barat klaster bioflak, atau luar wilayah Gorontalo bisa hubungi no telepon/whastapp 0853-8686-0319/853-8686-0319,”tambah Mantri BRI Unit Tapa, Deddy Christian Bakir.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou mengapresiasi peran BRI yang turut mendampingi pengembangan budidaya ikan air tawar dengan teknologi klaster bioflok, di Desa Huntu Barat. Menurut Bupati ini bisa menjadi contoh dan dapat diikuti oleh kelompok-kelompok usaha lain, individu atau bahkan BUMDes, karena bisa menciptakan lapangan kerja, untuk meningkatkan perbaikan pendapatan keluarga maupun kesejahteraan masyarakat. “Ini tentu bisa menciptakan lapangan kerja, bisa mengembangkan kemandirian warga. Paling utama juga kita ingin merubah pemikiran warga untuk tidak mengandalkan bantuan yang habis pakai tetapi bagaiman bantuan ini bisa memberdayakan kehidupan mereka agar lebih maju dan baik,”tandas Hamim. (tro*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *