Hebat, Marten Raih Anugerah Parahita Ekapraya

GORONTALO – GP – Kesamaan hak untuk memperoleh pelayanan, menjadi perhatian penting Pemerintah Kota Gorontalo dalam memberikan pelayanan tanpa diskriminasi. Program pembangunanpun dirancang agar dapat dirasakan oleh semua elemen masyarakat tanpa mengabaikan kesetaraan gender.
Berkat perhatian itu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, menobatkan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 kepada Kota Gorontalo. Penghargaan tersebut, diterima Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, di Rumah Dinas walikota Gorontalo, Selasa (28/9).

“Tentu rasa syukur kami, atas diperoleh anugerah APE ini. Terpilihnya Kota Gorontalo menjadi salah satu penerima penghargaan, mengindikasikan komitmen Pemerintah Kota Gorontalo menciptakan kesejahteran masyarakat melalui program Dinas PPKBP3A,” ucap Marten.

Ia mengatakan, keberhasilan Kota Gorontalo meraih APE bukan merupakan tujuan utama pihaknya dalam menjalankan roda pemerintahan di kota gorontalo. Menurutnya, yang menjadi prioritas adalah meningkatkan kinerja aparatur dalam melaksanakan program, agar manfaatnya dapat dirasakan semua lapisan masyarakat.

“Tujuan kita bukan penghargaan, tapi peningkatan kinerja bagi para ASN dibidang tugasnya masing – masing. Sehingga, bisa memberi dampak positif terhadap peningkatan kinerja daerah,” kata Marten. Pun begitu, lanjut Marten, apresisasi APE dapat dijadikan motivasi bagi ASN selaku pelayan masyarakat, untuk lebih adaptif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat.

Ditanya soal kiatnya memperoleh APE ? Marten mengakui, ada beberapa kebijakan yang ia lakukan terutama penguatan regulasi dan dukungan anggaran untuk program pengarusutamaan gender. “Ada beberapa hal yang menjadi ruang lingkup indikator penilaian, pertama kebijakan dan kedua penganggaran,” ujar figur yang terus didorong maju di Pilgub 2024 mendatang itu.

Menurutnya, kedua kriteria tersebut, sangat menentukan bobot pada penilaian APE. Dari segi kebijakan pihaknya telah membuat regulasi-regulasi sebagai bentuk dukungan program kegiatan. Kemudian, lanjut Marten, dukungan penganggaran guna suksesnya program yang dijalankan.

“Setiap program berjalan dengan baik apabila kita mengalokasikan pagu anggaran tertentu untuk peningkatan kinerja tugas asn di bidang itu. Ke depan dua hal itu tentu akan kita perhatikan dalam mempertahankan anugerah parahita ekapraya,” jelasnya.(rwf/

Comment