Sinergi BI-Pemda, Gorontalo Hattrick TPID Award

GORONTALO – GP – Kinerja pemerintah dalam pengendalian inflasi di daerah patut diapresiasi, dalam beberapa tahunt terakhir, pemerintah pusat memberikan penghargaan khusus untuk Pemda di Gorontalo karena berhasil menganani inflasi di daerah. Capaian itu tak lepas dari kolaborasi Bank Indonesia dan Pemda yang terus mencari solusi dan melahirkan inovasi dalam penanganan inflasi.

“Untuk mempertahankan TPID Award , setidaknya butuh inovasi, komitmen Pemda, dan kolaborasi (lintas sektor), Bank Indonesia juga berperan penting dalam meraih TPID Award,”ujar Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas, Amelia Adininggar Widyasari saat penyerahan penghargaan, tim pengendali inflasi daerah (TPID) Award, di Hotel Aston, Kota Gorontalo, Jumat (1/10).

Ia menyebutkan, berbagai persoalan inflasi bisa terselesaikan dengan adanya sinergitas lintas sektor, termasuk Pemda bersama Bank Indonesia. Tiga daerah yang meraih TPID Award adalah Pemerintah Provinsi Gorontalo, Pemerintah Kota Gorontalo, dan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango. Pada tahun 2020, upaya pengendalian inflasi menemui tantangan yang cukup terjal.

Pandemi COVID-19 yang menyebar hingga Provinsi Gorontalo, dalam perkembangannya telah menekan mobilitas masyarakat yang turut memicu terkontraksinya kinerja dunia usaha sektor utama, yang pada akhirnya berimbas pada pendapatan masyarakat yang terbatas serta daya beli masyarakat yang tertahan.

Pendapatan dan daya beli yang tertahan, terekam dari beberapa indikator pada Mei 2020 yakni indeks penghasilan saat ini survei konsumen Bank Indonesia yang berada di level yang sangat rendah sebesar 8,33 persen, dan IHK periode HBKN Ramadhan Idul Fitri yang tercatat berada di level sangat rendah bahkan deflasi -0,33 persen (mtm).Berbagai upaya pengendalian inflasi tersebut, secara perlahan mampu mendorong pemulihan daya beli masyarkat Gorontalo, hingga pada akhir tahun 2020, tingkat inflasi Gorontalo tercatat rendah dan stabil sebesar 0,81 persen (yoy), lebih rendah dari tingkat inflasi nasional sebesar 1,68 persen (yoy).

Atas sinergi dan kolaborasi yang baik antara Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Gorontalo dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, serta program inovasi pengendalian inflasi yang terintegrasi dari tingkat Provinsi hingga Kabupaten Kota tersebut, berhasil memberikan prestasi terbaik bagi TPID se-Gorontalo dalam ajang Penghargaan TPID Awards 2021 atas kinerja Tahun 2020 pada tiga kategori sekaligus yakni:

TPID Provinsi Gorontalo meraih TPID Terbaik Tingkat Provinsi Regional Sulawesi, TPID Kota Gorontalo meraih TPID Terbaik, Tingkat Kabupaten/Kota IHK Regional Sulawesi, dan TPID Kabupaten Bone Bolango meraih TPID Terbaik Tingkat Kabupaten/Kota Non-IHK Regional Sulawesi. Seluruh prestasi tersebut, turut melengkapi capaian tertinggi TPID se-Gorontalo dalam 3 tahun terakhir yang secara konsisten menjadi TPID Terbaik, diantaranya diraih oleh TPID Provinsi Gorontalo dan TPID Kabupaten Pohuwato pada tahun TPID Awards 2019, dan TPID Provinsi Gorontalo dan TPID Kota Gorontalo pada TPID Awards 2020.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Gorontalo, Budi Widihartanto mengapresiasi penghargaan yang diraih tiga daerah itu. “Penghargaan ini dapat diraih atas sinergi dan kolaborasi yang baik antara pemerintah provinsi, kabupaten dan kota bersama Bank Indonesia Gorontalo,” ujarnya.

Serta, program inovasi pengendalian inflasi yang terintegrasi dari tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota. “Hal itu memberikan prestasi terbaik bagi TPID se-Gorontalo dalam ajang TPID Award 2021 pada tiga kategori sekaligus,” ucapnya.

Budi menjelaskan TPID Provinsi Gorontalo meraih TPID terbaik 2021 tingkat provinsi regional Sulawesi, TPID Kota Gorontalo meraih TPID terbaik 2021 tingkat kabupaten/kota IHK regional Sulawesi, dan TPID Kabupaten Bone Bolango meraih TPID terbaik 2021 tingkat kabupaten/kota non IHK regional Sulawesi. “Seluruh prestasi tersebut turut melengkapi capaian tertinggi TPID se-Gorontalo dalam tiga tahun terakhir yang secara konsisten menjadi TPID terbaik,” ungkapnya.

Diantaranya, diraih oleh TPID Provinsi Gorontalo dan TPID Kabupaten Pohuwato pada tahun 2019 dan TPID Provinsi Gorontalo dan TPID Kota Gorontalo pada tahun 2020. “Berbagai raihan prestasi TPID provinsi, kabupaten kota se-Gorontalo tersebut, menjadi penyemangat sekaligus dorongan untuk dapat semakin memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam menghadapi tantangan serta risiko pengendalian inflasi ke depan,” pungkasnya. (tro)

Comment