Sumbang Dua Emas, Takraw Gorontalo Tak Terkalahkan 

PAPUA – GP – Sapaktakraw Gorontalo dalam ajang pekan olahraga nasional (PON) XX Papua, tak terkalahkan. Pada babak final nomor double ivent yang berlangsung di GOR Trikora Universitas Cendrawasih, Papua, Rabu(7/10) kemarin, atlet takraw Gorontalo, Halim Rajiu Cs, sukses menaklukan tim Jawa Tengah. Dalam laga sebelumnya pada nomor inter regu, tim Gorontalo juga berhasil meraih emas, dengan menundukkan tim Jawa Tengah.

Capaian pada nomor double iven itu menambah kantong medali emas untuk kontingen Gorontalo. Dalam pertandingan final double iven, berakhir dengan skor 2-1 untuk Gorontalo. Gim pertama, Gorontalo dipaksa Jateng untuk menyelesaikan pertandingan dengan raber set. Skor akhir adalah 24-22 untuk Gorontalo. Hasil itu diraih berkat mental juara yang dimiliki tim takraw Gorontalo.

Pada gim kedua, tim Jateng dan Gorontalo yang sama-sama dihuni oleh pemain nasional saling kejar-mengejar angka. Dipertengahan gim ke dua para pemain Gorontalo sempat kehilangan fokus. Hal itu benar-benar dimanfaatkan oleh para tim Jawa Tengah. Akibatnya, Gorontalo harus mengakui tim Jateng dengan skor 17-21.

Namun, digim ke tiga anak asuh Herson Taha ini kembali menemukan permainan mereka. Hasilnya, Gorontalo menyudahi perlawanan Jateng dengan skor 21-14. Hasil itupun membuat cabang olahraga sepaktakraw kembali menyumbang medali emas untuk tim Gorontalo. “Keberhasilan ini tidak lepas dari kehendak Maha kuasa Allah SWT melalui Doa dari masyarakat Provinsi Gorontalo. Saya menyampaikan terima kasih yang tak terhingga atas dukungan, lebih khusus pemerintah Provinsi, pak Guberur dan KONI Provinsi Gorontalo yang telah memfasilitasi, sehingga kami bisa mempersembahkan dua medali emas,” ungkap pelatih Herson Taha.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) KONI Provinsi Gorontalo, Fikram Salilama, sangat terharu dan bangga atas prestasi yang dicapai Cabang Olahraga sepak takraw ini. Pasalnya, tim takraw mampu mempertahankan dua medali emas yang dicapai pada PON 2016 di Jawa Barat.

“Capaian ini sangat luar biasa. Saya menyaksikan sendiri perjuangan mereka, memang tidak mudah sejak babak penyisian. Saya mengikuti hingga pertandingan terakhir ini. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Gorontalo atas dukungan do’anya kepada seluruh atlet, termasuk atlet sepak takraw, sehingga target meraih dua medali emas mampu diwujudkan,” jelasnya.

Terkait bonus, Fikram menegaskan atlet yang meraih medali tidak perlu khawatir. “Ini tanggungjawab saya. Dan Alhamdulillah, semua sudah siap tinggal menunggu waktu penyerahan,” ujarnya.(rwf)

Comment