Banjir Limboto, Suharso : Tanam Pohon, Bukan Beton

  • Whatsapp
Menteri Bappenas, Suharso Monoarfa, didampingi Bupati Nelson Pomalingo, meninjau lokasi banjir di Desa Talumelito, Telaga Biru, Sabtu (9/10). (foto : dok-kominfotik)

LIMBOTO-GP-Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa, mendatangi lokasi banjir bandang di Limboto, Sabtu (9/10). Seperti lokasi banjir di Desa Talumelito, dan lokasi banjir kompleks Polres Gorontalo. Melihat kondisi pasca banjir, Suharso meminta pemerintah Kabupaten Gorontalo, agar memperhatikan kondisi lingkungan, terutama pohon di kawasan daerah aliran sungai, hulu sampai hilir. “Sepanjang sungai agar ditanami Tanaman keras, dari hulu hingga ke hilir kita hijaukan kembali,” ucap Suharso.

Ia mencontohkan sejumlah negara saat ini fokus ke pengelolaan alam agar terhindar dari bencana. “Kita lihat di beberapa Negara sudah kembali ke alam, sudah tidak pakai lagi beton tetapi digantikan dengan tanaman, dan itu harus kita jadikan contoh,” tambahnya. Ia juga mengingatkan agar warga dapat menjauhi bantaran sungai. “Masyarakat harus di ajarkan untuk menjauhi bantaran sungai atau jangan membangun rumah di bantaran sungaihal ini demi mencegah terjadinya rencana kembali,”ujarnya.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo kepada Suharso menyodorkan sejumlah proyek pembangunan daerah terutama terkait penanganan banjir. Mulai dari revitalisasi saluran drainase Kota Limboto, hingga pemindahan Markas Polres Gorontalo. “Saya berharap ada revitalisasi secara total di wilayah Limboto, sehingga kami mengusulkan drainase didalam-nya kepada Pak Menteri Bappenas,” Kata Nelson ditemui usai mendampingi Menteri PPN/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Dirinya mengusulkan hal ini, Karena selama ini di dalam dana DAK tidak ada pembangunan drainase. “Ini yang kita usulkan, Pembangunan drainase masuk pada dana DAK,” ungkap Nelson.
Hal berikut, dirinya juga melaporkan niat pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk memindahkan Polres Gorontalo.”Saya sudah melaporkan pemindahan polres Gorontalo yang sering diterjang banjir ketika bencana banjir datang, dan itu Beliau Pak Menteri setujui,” ujar Nelson.

Rencananya Polres akan dipindahkan di lahan pemerintah eks pembangunan kantor DPRD, di Kecamatan Limboto Barat. Sementara lokasi Polres saat ini rencana bakal dijadikan lokasi pembangunan mall. Tapi sebelumnya bakal dilakukan revitalisasi sungai Hepuhulawa. (nat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *