Dukung Pariwisata, BRI Kucurkan KUR   

  • Whatsapp
GENJOT PARIWISATA – Pimpinan BRI Cabang Gorontalo, Muh. Taswin Tadjuddin disaksikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menyerahkan KUR Mikro BRI kepada UMKM Aneka Kue Kering, di Hotel Damhil UNG, Sabtu (6/11). (foto : dok-bri)

GORONTALO – GP – Bank Rakyat Indonesia (BRI) menujukan komitmenya dalam mendukung pengembangan pariwisata di Gorontalo. Sebagai sektor penggerak ekonomi rakyat, pariwisata di Gorontalo dinilai potensial untuk terus dikembangkan, apalagi saat ini pemerintah daerah bersama pihak terkait sedang mengusulkan Geopark Gorontalo atau taman bumi yang memiliki nilai keragaman geologi (geodiversity), keragaman hayati (biodifersity), dan nilai keragaman budaya (Cultural Diversity), sebagai Geopark nasional yang nantinya menjadi global Geopark Unesco. Upaya ini akan menjadikan pariwisata Gorontalo mendunia.

Sebagai bentuk dukungan, BRI menggelontorkan program KUR untuk membantu permodalan bagi para pelaku usaha pariwisata di Provinsi Gorontalo, termasuk pelaku usaha mikro kecil dan menangah (UMKM).

Bacaan Lainnya

Pimpinan Cabang BRI Gorontalo, Muh. Taswin Tadjuddin, yang hadir sebagai nara sumber pada dialog nasional pembangunan berkelanjutan dengan tema pengembangan pariwisata, dan ekonomi kreatif menuju Gorontalo Geopark Nasional, yang diselenggarakan KADIN Provinsi Gorontalo, Sabtu (6/11) di Hotel Damhil, mengatakan, komitmen BRI mengembangkan UMKM erat kaitanya dengan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya di Gorontalo.

Sektor jasa, sosial budaya, maupun akomodasi dan kuliner, yang berkaitan dengan pariwisata sejauh ini telah didukung permodalan melalui KUR. Tahun ini telah tersalurkan kurang lebih Rp64,3 Miliar untuk KUR sektor akomodasi, sedangkan KUR untuk UMKM dibidang kuliner telah mencapai Rp 25,6 miliar. “Ini peran kami (BRI) terhadap pengembangan UMKM,”ujar  Muh. Taswin Tadjuddin.

Khususnya untuk seluruh sektor UMKM, Muh.Taswin Tadjudin menyampaikan BRI di Provinsi Gorontalo telah menyalurkan Rp 866 Miliar untuk 33.787 debitur dari target Rp 1,2 triliun tahun ini. Rincinya,  KUR Kecil sebanyak 496 debitur dengan nilai Rp 131 Miliar, KUR Mikro sebanyak 25.720 debitur senilai Rp 665 Miliar, dan KUR Supermikro senilai Rp 70 Miliar untuk 7.571 debitur.”Kedepan kita kembangkan yang namanya klaster usaha. Klaster usaha adalah kelompok usaha yang terbentuk berdasarkan kesamaan keinginan untuk meningkatkan usaha,”ujarnya.

Misalnya, lanjut Muh. Tadjuddin, berkaitan dengan pengembangan Geopark Gorontalo, ada usaha klaster handycraft yang menyiapkan ole-ole bagi wisatawan yang datang ke Gorontalo, begitu pun maupun klaster kuliner, menyajikan makanan khas Gorontalo. “Saya melihat geopark ini memuat tiga pilar, yakni konservasi, edukasi, dan peningkatan ekonomi,”terangnya.

Dengan geopark, lanjut Muh. Taswin Tadjudin, diharapkan orang luar bisa berkunjung ke Gorontalo. Selain itu, kedepan, kata dia,masyarakat pelaku ekonomi sektor pariwisata agar membiasakan transaksi digital, misalnya dengan memanfaakan QRIS atau mesin edc. Layanan BRI kata dia, sudah menjangkau seluruh pelosok, sehingga bisa dipastikan wisatawan tetap mendapatkan layanan perbankan.

Sementara itu, dalam rangkaian kegiatan dialog nasional yang dihadiri Menteri Pariwista dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, BRI Cabang Gorontalo menyalurkan KUR Mikro, yang diberikan simbolis oleh pimpinan BRI Cabang Gorontalo, Muh. Taswin Tadjuddin, kepada pelaku UMKM seperti UMKM aneka kue kering senilai Rp 50 juta, disaksikan Menteri Sandiaga Uno dan para pejabat. (tro)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *