Atlet Peparnas Potensi Ikut Paralimpiade Paris

Lifter Papua Oktovianus F. Itlay (dua kiri) membawa obor api Peparnas XVI Papua bersama masyarakat adat di Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (2/11). (Indrayadi T.H./ Antara)

JAYAPURA –GP– Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora), Zainudin Amali menyampaikan bahwa banyak atlet baru yang bertanding pada Peparnas XVI kali ini. Dia menilai, mereka sangat bersemangat karena termotivasi oleh prestasi atlet pada Paralimpiade Tokyo 2021.

“Saya lihat mereka ini banyak yang baru, dan bersemangat. Dan saya tadi mendapatkan informasi semangat mereka ini luar biasa dipicu oleh keberhasilan dari atlet-atlet Paralimpiade kemarin,” kata dia dikutip, Ahad (7/11).

Bacaan Lainnya

“Tadinya saya berpikir akan kesulitan mencari atlet-atlet untuk paralimpik kita, ternyata ini banyak yang bermunculan yang baru dan secara kualitas juga bagus-bagus,” tambahnya.

Dengan banyaknya talenta baru yang ada di Peparnas XVI ini, Zainudin yakin akan banyak yang bisa dimasukkan ke Pusat Pelatihan Nasional (Pelatnas) untuk persiapan Paralimpiade 2024 di Paris. “Inilah kesempatan mereka untuk menunjukkan bahwa mereka pantas untuk masuk di Pelatnas dan nanti menjadi tim nasional yang akan dikirim ke Paralimpiade Paris 2024,” harapnya.

Dirinya optimistis dengan perkembangan pembinaan atlet disabilitas yang dilakukan baik di NPC pusat maupun NPC di daerah-daerah untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi pada Paralimpiade 2024 nanti. “Kita akan motivasi mereka supaya melihat keberhasilan dari Paralimpiade Tokyo beberpa waktu lalu,” ucapnya.

Kepada Menko PMK Muhadjir Effendy, Zainudin Amali turut melaporkan bahwa atlet disabilitas memiliki potensi yang sangat bagus kedepannya. “Tadi saya sampaikan kepada Pak Menko, potensi atlet paragames kita kedepan ini sangat luar biasa. Maka mohon dukungan beliau,” tutup dia. (tro/jp)

Pos terkait