Gempa Magnitudo 6.2, Sandiaga Dievakuasi ke Luar Hotel

Menteri Sandiaga Uno dievakuasi melewati tangga darurat saat gempa magnitudo 6,2, Sabtu (6/11) malam.

GORONTALO – GP – Gempa magnitudo 6,2 yang mengguncang Gorontalo, Sabtu (6/11) malam, tak saja membuat warga Gorontalo ke luar rumah. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno, yang hendak beristrahat malam di Hotel Aston Gorontalo, terpaksa harus keluar gedung hotel dan berkumpul dengan penghuni hotel lainya di titik kumpul atau assembly point.

Saat hendak keluar gedung hotel, Sandiaga tidak menggunakan lift, ia bersama putranya, Sulaiman, diarahkan turun menggunakan tangga darurat, dipandu General Manager (GM) Hotel Aston Gorontalo, Alain John-John Siwy. “Di Gorontalo baru saja terjadi gempa bumi yang cukup kencang, saya dan seluruh tamu hotel segera dievakuasi keluar, demi keamanan bersama,” tulis Sandiaga Uno pada akun instagramnya, @sandiuno, Sabtu 6 November 2021.

Bacaan Lainnya

Nampak Sandiaga masih mengenakan pakaian karawo, malam itu ia baru saja menghadiri dialog nasional terkait geopark Gorontalo. “Kita di assembly poin karena baru saja lima menit yang lalu terjadi gempa 6,2 skala richter. Dan kita dianjurkan Pak GM, Pak GM ini penyintas gempa di Palu,”katanya. Ia kemudian meminta GM Aston Alain Jhon-Jhon Siwy untuk menjelaskan tentang hal-hal yang harus dilakukan tamu hotel ketika terjadi gempa bumi. GM Aston pun memberi penjelasan singkat.

Jika berada di hotel, siapkan tas ransel berisi barang penting, air mineral, dan handuk. Ini dilakukan untuk persiapan evakuasi. Saat berada di titik kumpul, diharuskan minimal selama 30 menit, jika tidak ada potensi gempa susulan, tamu hotel kemudian dibolehkan kembali ke kamar masing-masing. Menteri Sandiaga mengaku merasakan getaran gempa yang kuat, sebab kata dia pusat gempa juga hanya ada di kawasan Teluk Tomini. Dalam kesempatan menunggu di assembly point, Sandiaga Uno berbincang dengan GM Aston John Siwy tentang okupasi hotel.

Ia bangga, ternyata tingkat hunian mencapai hingga 100 persen, artinya semua kamar terisi. Menurut Sandiaga, ia selalu melihat perkembangan Gorontalo, termasuk dari sisi hunian kamar hotel. “Saya selalu lihat bahwa kunjungan itu campuran antara pemerintahan, bisnis, special interest,”ujarnya. Kondisi itu, ternyata didukung dengan sektor pariwisata di Gorontalo yang terus membaik. Khusus tamu di Hotel Aston Gorontalo, kata John Siwy, ia selalu menawarkan wisata utamanya ke hiu paus botubarani. “Karena lokasinya sangat dekat sekali,”katanya.

Diketahui, gempa bumi malam itu terjadi dengan kekuatan: 6.2 SR, berada di 84 km Tenggara Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. BMKG memastikan tidak terjadi tsunami. Melalui unggahannya, Sandiaga Uno berharap semoga tidak ada gempa susulan. “Semoga tidak terjadi gempa susulan, dan semoga Allah melindungi kita semua dari segala bencana. Aamiin yra,” tulis Sandiaga Uno di akun instagramnya.
Unggahan ini mengundang banyak komentar warganet, di antaranya dari dua selebritis, Ifan Seventeen dan Teuku Wisnu. “Amin ya Allah. Sehat selalu mas Menteri,” tulis @ifanseventeen. (tro)

Pos terkait