Menparekraf Dukung Penuh  Wujudkan Geopark Gorontalo

DUKUNG GEOPARK - Peserta dan pemateri dialog nasional sesi pertama foto bersama Sabtu (6/11). Pada sesi kedua, Menparekraf Sandiaga Uno, hadir langsung memastikan mendukung pembentukan Geopark Gorontalo. (foto : jitro paputungan / gorontalo post)

GORONTALO – GP – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mendukung penuh pembentukan Geopark Gorontalo, sebagai upaya menggerakkan perekonomian masyarakat, khususnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. “Saya langsung saja, kita dukung 100 persen untuk Geoparak,”kata Menteri Sadiaga Uno, saat dialog Pembangunan Berkelanjutan bertajuk “Peluang, Tantangan, dan Problematika Pengembangan Pariwisata sebagai Sektor Potensial Menuju Gorontalo sebagai Geopark Nasional” di Damhil Hotel, Gorontalo, Sabtu (6/11) malam.

Tak sekadar mendukung, Sandiaga bahkan akan ikut memperjuangkanya pada Unesco Global Geopark. “Di Unesco ada Prof.Dr.Arif Rahman, nanti saya akan sampaikan keinginan Gorontalo sebagai bagian daripada Unesco Global Geopark,”kata Sandiaga. Pembentukan geopark ini diharapkan dapat meningkatkan peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat Gorontalo di masa yang akan datang. “Sehingga kesejahteraan masyarakat, terutama di tengah pandemi COVID-19 ini bisa kita wujudkan,” kata Sandiaga.

Bacaan Lainnya

Menurutnya Gorontalo potensi besar untuk geopark, bisa dilihat di Desa Wisata Religi Bubohu di Kabupaten Gorontalo yang memiliki pegunungan karst. “Jadi nanti akan dipilih dan diajukan dalam masterplan yang tengah disusun dan mudah-mudahan ini bisa menjadi penyemangat kita karena selama 1,5 tahun ini pariwisata terpuruk dan 34 juta masyarakat Indonesia berpotensi kehilangan pekerjaan. Tapi dengan adanya geopark ini sesuai dengan tren pariwisata baru yang berbasis alam dan budaya mudah-mudahan ini jadi kebangkitan kita dan terbukanya peluang kerja sehingga ekonomi segera bergerak,” ungkap Sandiaga.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Sandiaga mengungkapkan pihaknya akan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait, terutama pemerintah daerah setempat dan tokoh-tokoh masyarakat Gorontalo yang duduk di DPR RI. “Ini merupakan sebuah kolaborasi kolosal dan mudah-mudahan dalam waktu singkat (bisa diwujudkan),” katanya.

Sebelumnya dalam dialog sesi pertama, Kepala Bappeda Gorontalo, Budianto Sidiki mengatakan, Geoparak Gorontalo komplit dengan keragaman geologi (geodiversity), keragaman hayati (biodifersity), dan nilai keragaman budaya (Cultural Diversity). Kata dia, terdapat danau tektonik Limboto, wisata religi bubohu, dibagian pesisir terdapat situs botubarani, dan dibagian timur terdapat taman nasional bogani.

Pontensi itu, yang membuat Geopark Gorontalo baru-baru ini dilibatkan dalam visit virtual advisory global geopark, padahal Gorontalo baru sebatas usulan. Kata Budi, jika Geopark Gorontalo masuk dalam Unesco Global Geopark, maka itu akan sangat menguntungkan Gorontalo. Sebab akan masuk dalam jejaring global network yang informasinya akan menyebar keseluruh dunia. “Kita juga akan masuk ke Asia Pasific geopark network. Dengan itu semua potensi wisata, budaya kita masuk promosi yang dikukan dua komunitas global ini,”terangnya.

Sementara itu, Direktur Utama Gorontalo Post, M Sirham yang menjadi salah satu pembicara dalam dialog itu, menyampaikan komitmennya untuk mendukung geopark Gorontalo. “Kami akan rampung semua (informasi) dan kami kabarkan keluruh dunia, bahwa (Geopark) Gorontalo hebat,” ujar M.Sirham. (tro/wan)

Pos terkait