Sandi Ajak Elit Gorontalo Kolaborasi

Menparekraf Sandiaga Uno, saat menjadi pembicara pada dialog nasional di Hotel Damhil, UNG, Sabtu (6/11) malam. (foto : kemenparekraf)

GORONTALO – GP – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno, menundukung penuh mewujudkan Geopark Gorontalo menjadi Geopark Nasional hingga global geopark Unesco. Hal itu disampaikanya pada kunjungan kerja di Gorontalo, baru-baru ini. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyampaikan, Geopark Gorontalo akan mudah terealisasi dengan tiga kunci utama, yakni komitmen yang harus ditunjukan semua stakeholder. “Tidak hanya kampus, pemerintah, tapi masyarakat, dunia usaha juga harus terlibat,”ujarnya saat memberikan sambutan pada dialog nasional di Hotel Damhil UNG, (6/11).

Selanjutnya adalah kompeten, dan yang berikut adalah campion. Artinya kata Menteri Sandiaga, harusnya ada juaranya. Maksudnya, ada pembagian tugas bagi para elit untuk mewujudkan Geopark Gorontalo. “Bagi-bagi tugas, Elinino (Anggota DPR RI) tugasnya apa, Sandi Uno tugasnya apa, Suharso Monoarfa (Menteri Bappenas) apa, Zainudin Amali (Menpora) tugasnya apa, Rahmat Gobel tugasnya apa, Gubernur tugasnya apa?,”ujar Sandiaga Uno.

Bacaan Lainnya

Jika semuanya berkolaborasi, duduk bersama dengan komitmen yang sama mempercepat terwujudnya geoparak Gorontalo menjadi Geopark Nasional akan sangat mudah. “Kata Pak Elnino, kalau bisa digagas foto bersama sebagai bagian daripada (dukungan) geopark, oke. Kita berfoto di kantor Kemenparekref,”kata Sandiaga. Semua elit ini, lanjut Sandiaga akan diundangnya dan difasilitasi Kemenparekraf, sebagai upaya mewujudkan Geopark. “Semua saya undang sebagai langkah kita wujudkan geopark,”terangnya.

Kata dia, hindari kabiasaan tutuhiya (istilah Gorontalo : saling iri /menjatuhkan orang lain), itu tidak akan membuat daerah maju. “Harus ada peran dan kerjasama semua stakeholder, unsur pendidikan, masyarakat, Kadin harus ambil peran, media harus mendukung. Saya yakin selama kita tidak tutuhiya, maka geopark (Gorontalo) akan hadir,”katanya. Lebih lanjut kata Menteri Sandiaga, SDM Gorontalo sangat potensial untuk membuat daerah ini maju.

Ada tiga menteri kabinet yang berhubungan langsung dengan Gorontalo, yakni ia sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Suharso Monoarfa sebagai Menteri Bappenas, dan Zainudin Amali yang dipercaya Presiden Jokowi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Di parlemen ada tujuh orang, tiga di DPR RI satu duduk sebagai unsur pimpinan, dan empat di DPD RI satunya sebagai pimpinan MPR.

Menurut Sandiaga, semua harus berkolaborasi untuk mewujudkan Geoparak Gorontalo. “Tadi saya dapat informasi, dari Elnino, ini merupakan sebuah kolaborasi kolosal, jadi saya mengundang di Kemenparekraf, waktunya nanti saya tugaskan Elnino mengundang,”katanya. Kata Sandiaga, ia bersama Menteri Zainudin Amali, dan Menteri Suharso Monoarfa, kerap bertemu di kabinet. “Tinggal pak Elnino bertugas mengumpulin yang ada di parlemen, sekaligus kita cocokin (waktu) dengan teman-teman yang ada di Pemda, mudah-mudahan dengan waktu singkat (duduk bersama melakukan pertemuan),”terangnya.

Lebih lanjut Sandiaga mengatakan, geopark sesuai dengan trend pariwisata baru saat ini, yang berbasis alam dan budaya. Jika ini terwujud, ia optimis menjadi kebangkitan Gorontalo untuk maju. “Mumpung di kabinet ada tiga menteri yang berkaitan dengan Gorontalo, dan di DPR RI. Mari kita sama-sama bergandengan tangan untuk mewujudkan agenda pembangunan Gorontalo, sehingga Gorontalo bisa menjadi provinsi maju, sejahtera adil dan makmur,”tandasnya.

“Disuguhi ayam iloni dihari sabtu, disantap berama dengan nasi dan sagu, bapak ibu semua tingkatkan kolaborasi dan bersatu, bangkitkan parekraf insha Allah ekonomi Gorontalo semakin maju,”ucap Sandi dengan pantun khasnya untuk masyarakat Gorontalo. (tro)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *