Dua Target Operasi Zebra Otanaha 2021 

  • Whatsapp
Sejumlah petugas Polantas Polda Gorontalo saat memeriksa kelengkapan kendaraan bermotor serta disiplin prokes Covid-19 di ruas jalan Trans Sulawesi tepatnya di depan Mapolda Gorontalo Senin 915/11/21). . (Foto: Jalal Khan/// Gorontalo Post)

GORONTALO, GP- Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Gorontalo selama dua pekan kedepan akan melakukan operasi zebra otanaha 2021. Sasaran atau tergetnya ada dua yakni para pengendara kendaraan yang tidak patuh terhadap aturan lalu lintas serta tidak patuh dengan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Informasi yang dihimpun Gorontalo Post, operasi zebra yang akan dilaksanakan selama dua pekan itu berlangsung sejak 15 November hingga 28 November 2021. Operasi yang dilakukan secara serentak di jajaran kepolisian lalu lintas Gorontalo ini digelar di sejumlah titik tertentu yang dinilai rawan kamtibmas.

Bacaan Lainnya

Satu persatu para pengendara kendaraan, mulai dari roda dua, tiga hingga empat diperiksa, mulai dari kelengkapan kendaraan bermotor termasuk didalamnya Surat Ijin Mengemudi (SIM). Juga petugas memeriksa apakah pengendara sudah memiliki kartu vaksin atau belum. Jika belum maka akan direkomendasikan untuk segera divaksin.

Direktur Lalu Lintas Polda Gorontalo AKBP Arif Budiman, S.H., S.I.K menerangkan, selain menertibkan kendaraan yang belum memiliki surat kendaraan lengkap, pihaknya pula akan memperhatikan Protokol kesehatan bagi pengendara di jalan. “Kamipun akan mengecek pemakaian masker dan kartu vaksin bagi pengendara, artinya selain menjaga keselamatan penumpang dengan operasi zebra yang dilakukan, kamipun membantu peran pemerintah dan polri untuk percepatan pelaksanaan vaksinasi nasional dengan mematuhi protokol kesehatan,” tegas Arief.

Dalam pelaksanaannya, kata Arief, Polda Gorontalo menurunkan 265 personel yang bekerjasama dengan TNI dan Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo dengan menyasar masyarakat yang tidak mematuhi dalam berkendara dan tidak disiplin protokol kesehatan.

“Kita harapkan dengan adanya operasi zebra ini, masyarakat akan semakin sadar tentang pentingnya disiplin dalam berlalu lintas serta disiplin dalam penerapan protokol kesehatan saat beraktivitas sehari-hari, agar terhindar dari penularan Covid-19,” tuturnya.

Lanjut kata Dirlantas, Operasi Zebra kali ini akan mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif, simpatik dan humanis yang diaplikasikan melalui kegiatan Dikmas Lantas, Turjawali, Pembatasan Mobilitas dan Rekayasa Lalu Lintas. “Operasi Zebra karena masih dalam pandemi kami mengutamakan persuasif dan humanis pada masyarakat untuk meningkatkan protokol kesehatan kalaupun ada pelanggaran kami lakukan penindakan,” kata Arief.

Sementara itu Kisman Husain salah satu pengendara sepeda motor memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan operasi zebra ini sebagai upaya untuk meningkatkan disiplin para pengendara kendaraan saat berkendara di jalan raya dengan mematuhi aturan lalu lintas yang ada. “Semoga dengan adanya operasi zebra ini masyarakat lebih sadar akan aturan yang ada baik aturan lalu lintas maupun aturan terkait protokol kesehatan covid-19,”tandas perwira dua melati di pundaknya ini. (Tr-72/roy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *