Marten : Meski Zona Hijau, Kita Jangan Lengah

Walikota Gorontalo, Marten Taha

GORONTALO – GP – Pemerintah Kota Gorontalo, Selasa (16/11), menggelar berbagai kegiatan yang berkaitan dengan sektor kesehatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57. Kegiatan yang dilangsungkan di Lapangan Taruna Remaja itu, dibuka secara resmi oleh Wali Kota Gorontalo, Marten Taha.

“Hari ini, kami menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka peringatan HKN ke-57,” ujar Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, ketika diwawancarai sejumlah wartawan.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, peringatan HKN tahun ini, dirinya mempunyai beberapa harapan. Pertama, kata Marten, momentum HKN ke-57 dapat dijadikan sebagai pemicu semangat peningkatan kinerja oleh seluruh Tenaga Kesehatan (Nakes) didalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Walaupun saat ini kita tengah menghadapi pandemi, saya harap kita semua, khususnya tenaga kesehatan dapat meningkatkan semangat kerja ketika memberikan layanan kepada warga,” harap Marten.

Harapan yang ke dua, lanjut Marten, para Nakes diharapkan dapat menjaga kesehatan, keselamatan dan derajat kesehatan masyarakat. Hal ini, kata Marten, wajib untuk dilaksanakan. Pasalnya,
sektor kesehatan menjadi hal yang penting bagi kita,

“Kesehatan adalah salah satu tugas yang wajib dilaksanakan setiap pemerintah dalam rangka untuk menjaga kesehatan dan keselamatan, serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. maka dari itu, layanan kesehatan menjadi sangat penting dalam pencapaian kualitas SDM yang handal,” tandasnya.

Selanjutnya yang ke tiga, kata Marten, meski Kota Gorontalo berada dizona hijau penyebaran Covid-19, seluruh warga masyarakat diharapkan tidak lengah dalam menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). “Masyarakat saya harap tidak lengah dalam menerapkan Prokes yang ketat. Karena Covid-10 belum berakhir,” tandas Marten.

“Memang saat ini, kita tengah menghadapi sebuah situasi disektor kesehatan yang mengharuskan kita membutuhkan perhatian lebih. Bukan hanya nakes, tapi semua stake holder yaitu memerangi Covid-19. Walaupun saat ini kita ada dizona hijau, tapi jangan kita lengah dan abai, kita harus tetap disiplin penerapan prokes yang ketat,” ujar Marten.

Harapan terakhir, kata Marten, Dinas Kesehatan diminta untuk meningkatkan capaian vaksinasi. Vaksinasi, menurut Marten, sangat penting untuk mempertahankan status zona hijau penyebaran Covid-19.

“Vaksinasi dapat memberikan efek yang sangat luar biasa terhadap penyebaran Covid-19. Semakin tinggi cakupan layanan vaksin, maka makin berkurang orang-orang yang tertular, kalaupun ada yang positif setelah divaksin, virusnya tidak dapat menularkan ke orang lain,” tandas Marten.

Untuk itu, Marten mengimbau kepada seluruh warga Kota Gorontalo untuk dapat menyukseskan pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan Pemerintah Kota Gorontalo. “Mari kita sukseskan vaksinasi, dengan cara mendatangi gerai vaksinasi. Setiap hari kita buka minimal lima gerai vaksinasi. Alhamdulillah, dalam melaksanakan vaksinasi kami mendapat dukungan dari TNI dan Polri,” pungkasnya.(rwf)

Pos terkait