Akses Tangga Barito, Pak Bupati Jangan Tutup Mata 

  • Whatsapp
RUSAK PARAH : Kondisi ruas jalan di Desa Tangga Barito, Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo sangat memprihatikan. Selain becek, sepanjang jalan itu rusak parah dengan kubangan besar yang menyulitkan para pengemudi mobil melintas. (Foto: Istimewa ).

BOALEMO-GP- Kondisi akses jalan di Desa Tangga Barito, Kecamatan Dulupi, Kabupaten Boalemo memprihatinkan. Sangat tidak layak. Kondisinya bukan jalan beraspal, rusak parah, membuat kenderaan sulit untuk melintas. Nampak kawasan subur lumbung pertanian itu seperti ‘dicueki’ pemerintah daerah setempat. Untuk bisa melintasi akses ke dusun Moliulo itu, harus disiapkan kendaraan khusus, jika tidak, siap-siap terperangkap di kubangan lumpur, atau tak mampu menanjak.

Akses ini menjadi merupakan jalan satu-satunya bagi warga yang kerap dilalui untuk mengangkut hasil panen. Sejumlah warga setempat mengeluhkan kondisi jalan ini, mereka berharap Bupati Boalemo Anas Jusuf tidak tutup mata dengan potret infrastruktur di daerahnya itu, apalagi keluhan tentang kondisi jalan tersebut bukan kali ini saja.

Bacaan Lainnya

Warga setempat, Volce Ugi mengatakan, dua tahun lalu usulan perbaikan jalan itu sudah disampaikan ke Pemda Boelemo, tapi sepertinya tidak menjadi prioritas Bupati, buktinya, hingga kini kondisi jalan tersebut justeru makin parah, apalagi musim hujan seperti saat ini. “Sudah pernah diajukan ke Pemda dan DPRD akan tetapi dengan tanggapannya tidak ada anggaran, sementara masyarakat disini sangat membutuhkan akses perbaikan jalan dan jalan tersebut satu-satunya akses dilalui bagi masyarakat,”terangya. Kata Volce masyarakat di Desa Tangga Barito rata-rata petani jangung, petani kelapa dan sawah.

Jadi untuk mengangkut hasil kebun tentu harus melalui jalan itu. “Nah sekarang untuk dilalui sangat sulit, dan harapan masyarakat minimal ada alat berat excavator untuk perbaikan jalan itu, yang terpenting bisa dilalui kendaraan,”ungkapnya Terpisah Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga PUPR Kabupaten Boalemo, Taufik Muhammad mengatakan, terkait dengan kondisi jalan di Desa Tangga Barito, menurutnya sudah dimasukan pada program Bina Marga PUPR untuk APBD 2022. Untuk anggaran saat ini kata dia, tidak ada, namun begitu sudah dimasukan dalam program pemeliharaan.

Menurutnya, Plt Bupati sudah membahas untuk prioritaskan pembangunan jalan ini. “Ada aleg dan tokoh masyarakat, di rumahnya Plt waktu itu, dan kerena memang proposal (usulan pembangunan) itu datang pada bulan 9 (September 2021) lalu, nah sudah tidak mungkin lagi kita anggarkan tahun ini, sedangkan kebutuhan disitu besar sekali, makannya kita anggarkan di tahun 2022 dan itu sudah masuk di program bidang bina marga,”tandasnya (tr-75)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *