Panti Asuhan Harapan Kita Dilalap Api

  • Whatsapp
BUTUH BANTUAN - Petugas Damkar bersusaha memadamkan api di salah satu gedung panti Asuhan Harapan Kita, Bone Bolango, Kamis (18/11). (foto : istimewa)

BULANGO – GP- Puluhan anak yatim piatu di Panti Asuhan Harapan Kita, Desa Huntu Utara, Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bonebolango, nyaris saja kehilangan tempat bernaung mereka. Menyusul insiden kebakaran yang menimpa sebuah bangunan ruang ganti anak panti Kamis (18/11). Informasi yang dihimpun Gorontalo Post, insiden kebakaran itu pertamakali dilihat salah satu anak panti yang sedang menjemur pakaian, ia melihat api muncul dari colokan handphone yang ada di bangunan yang biasa dipakai tempat ganti pakaiaan anak laki-laki tersebut.

Saat itu colokan bertegangan listrik itu hanya terisi satu hp yang sedang dalam posisi di-carger. Percikan api, cepat merembet ke tumpukan pakaian dilemari yang terbuat dari serbuk kayu hingga akhirnya langsung ke bagian plafon. “Sekitar pukul 14.30 wita begitu kira-kira kejadiannya. Anak panti yang sempat melihat api di bagian bak cok Handphone. Bak cok dulu yang kebakar baru merembet, “jelas Sri Nanang pengelola Panti saat ditemui wartawan koran ini, kemarin.

Bacaan Lainnya

Bersyukur saat kejadian hanya satu bangunan itu saja yang kebakaran. Pemadam cepat datang sembari masyarakat sekitar saling bahu-membahu memadamkan api. Meski begitu, dari 14 anak laki-laki penghuni panti yang ada. Hanya 10 diantaranya barang pakaian mereka yang menjadi korban akibat dilahap api. Lebih lanjut Sri Nanang mengungkapkan, sungguh memilukan tempat untuk menjaga anak-anak berkebutuhan khusus harus hangus terbakar, padahal pihaknya masih sementara melakukan renovasi untuk tempat mengaji anak-anak.

“Total jumlah anak panti asuhan kami 37 orang, yang terdiri dari 17 Pria dan 20 Wanita dengan kisaran umur rata-rata dibawah 17 Tahun bahkan ada yang masih balita, namun kami bersyukur mereka semua dalam keadaan selamat meski masih merasakan trauma, hanya saja banyak barang-barang mereka harus direlakan begitu saja di lalap api, sehingga saat ini kami membutuhkan uluran tangan dari semua pihak untuk meringankan beban anak-anak panti kami yang saat ini masih berduka, seperti pakaian balita makanan sial saji dan biaya untuk renovasi rumah” ungkapnya.

Koordinator Damkar Provinsi Gorontalo Yasmin Mohamad menerangkan, diduga sumber api berasal dari korseling listrik yang bersambungan langsung dengan kamar ganti anak-anak laki-laki, sehingga terjadilah kebakaran yang mengakibatkan sebagian besar ruangan hangus. “Beruntung dalam kejadian tidak ada korban jiwa, hanya saja kerugian belum bisa ditaksir karena masih sementara dalam penyelidikan tim kepolisian,” ujarnya. Kabid Damkar Kabupaten Bone Bolango Roynal Akbar Otoluwa ketika dikonfirmasi mengatakan, unsur yang terlibat dalam pemadaman api yakni Damkar Bonebol, Damkar Provinsi Gorontalo, Damkar Kota Gorontalo, TNI, Polri. “Alhamdulillah si jago merah dapat di kuasai dan dipadamkan dengan menurunkan satu Unit Damkar Bonebol, dua unit Damkar Provinsi Gorontalo dan 1 unit Kota Gorontalo. (tr-72/csr/roy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *