PWN 2021, Idah Utus Pramuka Gorontalo ke Jambi 

Ketua Kwarda Idah Syahidah Rusli Habibie menyerahkan pataka Kwarda Gorontalo kepada pimpinan kontingen Gorontalo untuk mengikuti PW Nasional di Jambi, Sabtu (27/11). (foto : dok / pramuka)

GORONTALO – GP – Pramuka Gorontalo turut ambil bagian dalam pelaksanaan perkemahan wirakarya nasional (PWN) ke X yang berlangsung di Provinsi Jambi tahun ini. Ketua Kwarda Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie melepas keberangkatan kontingen Gorontalo pada ajang perkemahan bakti Pramuka tingkat nasional itu, Sabtu (27/11).

Peserta PWN 2021, kontingen Gorontalo. (foto : dok/kwarda)

PWN Jambi merupakan perkemahan tingkat nasional pertama yang berlangsung dalam dua tahun terakhir, atau sejak pandemi Covid-19 melanda. Ketua Kwarda Idah Syahidah mengatakan, dengan digelarnya PWN di Jambi, mendakan kegiatan besar Pramuka sudah bisa digelar, tapi dengan protokol kesehatan yang ketat. Dijelaskanya, PWN Jambi digelar berbeda dengan PWN-PWN yang telah dilaksanakan sebelumnya, PWN Jambi digelar lebih mengedepankan teknologi. “Sehingga Pramuka tidak boleh kalah dengan pandemi,”ujar Idah.

Bacaan Lainnya

Gorontalo pada PWN tahun ini mengutus 15 orang peserta, terdiri dari delapan peserta putera dan delapan peserta putri, mereka merupakan Pramuak Penegak dan Pandega yang terseleksi se Gorontalo. Termasuk dua pimpinan kontingen, dua pembina pendamping dan dokter kontingen. Kepada peserta PWN asal Gorontalo, Idah Syahidah menekankan untuk menjaga nama baik daerah, dan mencatatkan prestasi secara nasional. “Kalian merukan duta daerah, bukan sekadar duta Pramuka, tapi duta pariwisata, perkenalkan Gorontalo secara nasional,”terang Idah.

Ia mengatakan, saatnya untuk terus mensosialisasikan Gorontalo, secara budaya dan pariwisata. “Kita gas full untuk memperkenalkan keindahan Gorontalo,”katanya. Ia juga menekankan kepada kontingen untuk terus menggunakan ciri khas Gorontalo setiap mengikuti rangkaian kegiatan PWN, misalnya menggunakan upia karanji dan syal karawo. Seperti Gorontalo pernah menjadi tuan rumah perkemahan wirakarya nasional (PWN) tahun 2006, berlangsung di Bumi Perkemahan Bongohulawa, Limboto. (tro)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *