Warga Diimbau Ikut Vaksinasi Dosis ke Dua

Wali Kota Gorontalo, Marten Taha
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha

GORONTALO – GP – Warga Kota Gorontalo yang belum menjalani vaksinasi dosis ke dua diimbau untuk segera mendatangi gerai vaksinasi yang disediakan Pemerintah Kota Gorontalo. Imbauan itu disampaikan Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, ketika diwawancarai belum lama ini.

“Saya lihat dari data capaian vaksinasi, masih banyak warga yang belum menjalani vaksinasi dosis ke dua. Untuk itu, saya mengimbau agar mereka bisa mendatangi lokasi pelaksanaan vaksinasi untuk menjalani penyuntikan dosis ke dua,” imbau Marten.

Bacaan Lainnya

Marten mengatakan, berdasarkan studi dari The New England Journal of Medicine, setelah mendapatkan vaksinasi dosis kedua, jumlah antibodi yang akan kita dapatkan akan lebih banyak. Antibodi tersebut, kata Marten, nantinya akan lebih kuat melawan virus dan meningkatkan keefektifan vaksin didalam tubuh.

“Dosis pertama ditujukan untuk memicu respons kekebalan awal dan dosis kedua untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya. Dengan mendapatkan dosis ke-2 setelah 28 hari, maka antibodi kita akan terbentuk dengan optimal,” tandas Marten.

Sehingga, lanjut Marten, akan sia-sia warga yang telah menjalani vaksinasi dosis pertama, kemudian mengabaikan dosis ke dua. Pasalnya, kata Marten, vaksinasi dosis pertama tidak dapat menjamin kita tidak akan tertular Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Kalau kita sudah disuntik dosis ke dua, tubuh kita akan lebih terjaga dari bahaya virus Corona. Maka dari itu, sekali lagi saya mengimbau warga Kota Gorontalo yang telah menerima suntikan dosis pertama dan belum menjalani penyuntikan ke dua, agar segera mendatangi lokasi-lokasi vaksinasi,” imbaunya lagi.

Sementara itu, berdasarkan data yang berhasil dihimpun Gorontalo Post dari KPCPEN Dinas Kesehatan Kota Gorontalo update tanggal 24 November tahun 2021, jumlah warga yang belum menjalani vaksinasi dosis ke dua sebanyak 37.231 warga. Jumlah itu hasil pengurangan dari jumlah warga yang mengikuti dosis pertama dengan dosis ke dua.

Dimana, warga yang telah menjalani penyuntikan dosis pertama sebanyak 107.137 orang. Sedangkan yang telah menjalani penyuntikan dosis ke dua, sebanyak 69.906 orang.(rwf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *