Honda DBL 2021 Seri Sulut, Dodokambey Harap Kembali Lahirkan Atlet Berprestasi 

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dodokambey, saat membuka Honda DBL 2021 Seri Sulawesi Utara, di GOR RW Monginsidi, Jumat (10/12) sore. (foto : istimewa)

MANADO – GP –  Kesuksesan kontingen basket Sulawesi Utara (Sulut) di PON XX Papua 2021 masih membekas bagi Gubernur Olly Dondokambey. Orang nomor satu di Sulut ini menyadari, talenta-talenta luar biasa yang mengharumkan nama Sulut itu banyak yang lahir dari liga basket pelajar, Honda DBL. Oleh karena itu, Gubernur Olly memberikan dukungan penuh pada penyelenggaraan Honda DBL 2021 North Sulawesi Series atau Seri Sulut.

Hal tersebut diungkapkan Olly ketika membuka Honda DBL 2021 Seri Sulut di GOR RW Monginsidi, Jumat (10/12) sore. Dalam sambutannya, Olly berharap kompetisi Honda DBL yang telah rutin terselengara di Sulut sejak 2008 atau 14 tahun silam ini bisa terus berlanjut. Oleh karena itu, ia berkomitmen memberikan dukungan penuh. Apalagi, DBL Indonesia sebagai penyelenggara juga berkomitmen menggelar kompetisi dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

Bacaan Lainnya

“Saya berharap kompetisi ini bisa intens digelar di sini agar bisa terus memacu prestasi basket Sulut,” ujarnya. “Di PON Papua lalu, basket kita meraih medali perak. Kedepan, semoga bisa meraih prestasi lebih tinggi lagi,“ harapnya.

Di PON XX Papua 2021 lalu, tim basket putra Sulut berhasil meraih medali perak. Ini adalah prestasi bersejarah bagi basket Sulut sejak keikutsertaannya di PON. Menariknya, dari 11 roster tim basket Sulut, enam di antaranya merupakan alumni Honda DBL.

Keenam pemain itu adalah Fernando Manangsang (SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon), Greans Tangkulung (SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon), Andrew G Tampi (Manado International School), Kevin Tandayu (SMAK Theodorus Kotamobagu), Christ Sembel (SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon), serta Andrew W. Lensun (SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon).

Seperti penyelenggaraan di kota lain, Honda DBL 2021 North Sulawesi Series ini juga digelar dengan penerapan protokol kesehatan ketat, sesuai dengan arahan pemerintah. Sejumlah ketentuan terkait penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat harus dijalankan oleh DBL Indonesia serta Astra Honda Motor (AHM) selaku penyelenggara.

Seluruh yang terlibat dalam rangkaian kegiatan, mulai dari pemain, ofisial tim, crew atau panitia, media yang meliput, serta staf pendukung wajib memenuhi syarat protokol kesehatan. Yakni, telah mendapat vaksin dua dosis. Lalu dipastikan negatif Covid-19 melalui tes PCR dan swab antigen. Dan, wajib melakukan skrining menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Berjalannya kembali liga basket pelajar terbesar di tanah air Seri Sulut ini seakan menghapus kerinduan semua pihak. Setelah sempat terhenti selama satu musim karena pandemi Covid-19.

Hal ini juga yang diungkapkan Ketua Harian Perbasi Sulut, Clay Dondokambey. ”Kami sangat menyambut positif kembali terselenggaranya Honda DBL seri Sulut ini. Karena anak-anak pelajar di sini sudah lama menunggu agar bisa berkompetisi lagi. Setelah hampir dua tahun, akhirnya ada kompetisi basket yang mewadahi mereka,” ujar Clay yang juga menjadi manajer tim basket putra Sulut di PON Papua.

Clay yang juga salah satu aktor di balik keberhasilan tim basket Sulut di PON Papua, memuji prokes ketat yang diberlakukan Honda DBL. “Apa yang dilakukan sudah sesuai regulasi pemerintah. semoga bisa dilakukan kompetisi-kompetisi lainnya,” pungkasnya.

Turut hadir di opening party Honda DBL North Sulawesi Series antara lain Alexander Abimanto (Honda Costumer Care Center Departement Head PT Daya Adicipta Wisesa), dr Andreas Nugroho Susanto (Siloam Hospital), Tommy Waworundeng (Direktur Umum Manado Post), Prof Dody Sumayow (KONI Sulut), Hanny Kandou (Sekum KONI Manado), Rahmad Kartolo (Senior Manager PT DBL Indonesia), Marcel Sendoh (Kadispora Sulut), dan Rifel Suban (Dikda Sulut).

Alexander Abimanto, HC3 Dept. Head PT. DAW yang mewakili Management DAW pada Opening Party mengatakan bahwa kegiatan ini disambut positif oleh berbagai pihak karena Honda DBL memberikan wadah bagi pelajar yang ada di Sulawesi Utara untuk bisa berlaga mengukir prestasi diajang kompetisi olahraga Basket.

“Digelarnya Honda DBL tahun ini disambut sangat antusias oleh tim basket dan pihak sekolah. Dimana Honda DBL merupakan sarana yang tepat bagi pelajar yang menyukai olahraga basket untuk dapat terus mengasah kemampuan dan kompetensi mereka sehingga mampu tampil berprestasi dengan tetap mengutamakan pendidikan. Melalui Honda DBL ini, kami berharap dapat menemani para pelajar untuk lebih dekat dengan mimpi mereka”, ujar Alexander.

Honda DBL 2021 Seri Sulut ini berlangsung hingga 16 Desember mendatang. Diikuti total 21 tim basket dari sekolah se Sulawesi Utara. Terdiri dari 14 tim putra dan tujuh tim putri. (tro)

Pos terkait