Sehari, Tilamuta Hasilkan 10 Ton Sampah

Truk sampah melakukan pengangkutan di wilayah Kecamatan Tilamuta. (F. Juan/ Gorontalo Post)

BOALEMO,GP – Hanya dalam satu hari, Kecamatan Tilamuta yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Boalemo, menghasilkan kurang lebih 10 ton sampah masyarakat.

Jumlah sampah itu sendiri dihitung dari jumlah penduduk yang ada di kecamatan tersebut. Bahkan, untuk menampung sampah tersebut, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang terletak di Desa Polohungo, Kecamatan Dulupi, mengalami penumpukan. Apalagi pengelolaan sampah di TPA itu sendiri hanya dilakukan secara manual.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Persampahan dan Pengendalian Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Boalemo, Mengki Pomanto mengatakan, untuk lokasi TPA, saat ini alat tidak beroperasi, sehingga pengelolaan sampah tidak maksimal. Dengan kondisi tersebut, kami secara manual melakukan kerja bakti di lokasi TPA.

“Dengan kapasitas truck sampah yang melakukan pengangkutan pada pagi dan sore hari, sampah dalam sehari mencapai 12 kubik. Jika dihitung dari jumlah penduduk, maka wilayah Kecamatan Tilamuta, bisa menghasilkan kurang lebih 10 ton sampah dalam sehari,” jelasnya.

Ditambahkan pula, bila dibandingkan dengan ibu kota dari kabupaten lain, memang angka ini masih di bawah. Meski demikian, pihaknya tetap berupaya untuk tetap memaksimalkan pelayanan dalam hal pengangkutan sampah, serta menjaga daerah Boalemo agar tetap bersih.

“Saat ini memang kami mengalami beberapa kesulitan. Salah satunya kurangnya truck sampah. Kami pun sudah mengusulkannya. Sedangkan untuk pemanfaatan sampah itu, tentu melalui pengelolaan.

Hanya saja kalau kita lihat dari kajian Analisis Lingkungan (Amdal), setelah sampah berada di TPA, seharusnya sampah tersebut ditimbun dengan tanah.

Nah, sementara alat untuk pengelola sampah ini rusak di mana tidak bisa dioperasikan dan ini pun kami usulkan, sehingga pelaksanaan tugas bisa lebih maksimal lagi,” harapnya. (Tr-75)

Pos terkait