Basarnas Tolong Korban Bencana

GORONTALO,GP – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Gorontalo, bergerak cepat dalam melakukan pertolongan terhadap sejumlah korban bencana.

Pertolongan yang dilakukan itu pun turut dibantu oleh TNI-Polri, pemadam kebakaran (Damkar) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Ada kurang lebih 40 personel yang turun dalam melakukan penyelamatan terhadap korban yang berada di ketinggian serta korban kecelakaan lalu lintas, Selasa (18/01/2022).

Pelaksanaan pertolongan tersebut tidak lain merupakan sebuah rangkaian dari latihan gabungan, untuk mengoptimalkan layanan masyarakat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Gorontalo, I Made Junetra, S.H mengatakan, pelatihan ini digelar sebagai upaya peningkatan layanan pertolongan pertama bagi korban kecelakaan lalu lintas jalan. Pelatihan ini dilaksanakan di kantor SAR Gorontalo.

“Kegiatan ini pula dalam rangka menyambut hari ulang tahun Basarnas yang ke-50. Jadi, kami dari SAR Gorontalo berkolaborasi dengan TNI-Polri, dan juga Pemda setempat, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Gorontalo,” ungkapnya. Ditambahkan pula, dalam kesempatan ini, tim gabungan melakukan pertolongan di tempat ketinggian dan juga korban yang merosot ke jurang.

Kegiatan ini berlangsung selama satu hari penuh. Tim SAR Gorontalo menyediakan tempat latihan simulasi kecelakaan yang membahayakan nyawa agar bisa ditangani dengan cepat. “Teknik pertolongan diketinggian, dijurang, dan kecelakaan jalan Raya.

Kami berharap dengan adanya latihan simulasi ini, jika terjadi hal-hal yang membahayakan nyawa manusia. Bisa segera ditangani dengan ilmu yang didapat,” pungkasnya. (kif)

Comment