Infrastruktur Pendidikan, Giliran Mahasiswa Gorontalo di Surabaya Miliki Asrama

UNTUK MAHASISWA - Gubernur Rusli Habibie didampingi Ketua TP PKK Idah Syahidah, bersama mahasiswa asal Gorontalo usai peresmian asrama mahasiswa di Surabaya, Kamis (20/1). (foto : dok/kppg)

Gorontalopost.id – Pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang menjadi prioritas Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Wagub Idris Rahim, tak hanya menjamin sekolah gratis bagi seluruh siswa Gorontalo. Infrastruktur pendidikan juga terus dibenahi dan dilengkapi, termasuk asrama bagi mahasiswa asal Gorontalo yang sedang studi di luar daerah.

Beberapa kota di tanah air, seperti Jakarta, Jogjakarta, Manado, Malang, Makassar, Bandung, dan Surabaya masih menjadi daerah favorit masyarakat Gorontalo untuk melanjutkan studi. Gubernur Rusli Habibie melihat itu sebagai bagian dari pengembangan sumber daya manusia Gorontalo.

Bacaan Lainnya

Maka, pemerintah provinsi Gorontalo juga berupaya memfasilitasi para mahasiswa, seperti fasilitas asrama. Terbaru, Gubernur Rusli Habibie meresmikan Asrama Mahasiswa Gorontalo di Surabaya. Gubernur yang didampingi ketua TP PKK, Idah Syahidah, meresmikan langsung Asrama Mahasiswa Gorontalo di Surabaya, Kamis (20/1), ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti, serta penyerahan aset dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) ke Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Gorontalo selaku pihak pengelola aset daerah.

Asrama yang terletak di jalan Semolowaru Sel IX nomor 5, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur ini, dianggarkan Pemprov Gorontalo melalui Dinas PUPR dengan menelan anggaran Rp743,5 juta. Asrama tersebut dilengkapai dengan 10 kamar tidur, ruang ruang tamu, dan tempat parkir kenderaan yang cukup luas.

“Pembangunan asrama ini merupakan upaya Pemprov Gorontalo, untuk pengembangan sumberdaya manusia. Saya bersyukur sekali telah banyak asrama Gorontalo yang kita bangun di sejumlah daerah, untuk memfasilitasi para mahasiswa yang sedang menuntut ilmu sebuah tempat tinggal.

Walaupun bangunan ini kecil, tapi insya Allah bermanfaat,” kata Gubernur Rusli Habibie.
Gubernur dua periode ini pun menaruh harapan besar dengan tersedianya tempat tinggal yang nyaman, mahasiswa Gorontalo lebih fokus dan bersemangat dalam menuntut ilmu, sehingga dapat menyelesaikan studinya tepat waktu, dan mengabdikan ilmunya untuk membangun masyarakat. Ia juga menekankan yang tinggal di Asrama hanya mahasiswa yang kurang mampu.

“Saya harapkan tolong manfaatkan asrama ini dengan sebaik-baiknya, dipelihara, dan sesuai dengan tujuannya ini adalah asrama mahasiswa. Saya berapa kali dapat laporan bahwa yang tinggal bukan mahasiswa, jangan sampai di sini demikian.

Terus saya tegaskan ini untuk yang mahasiswa kurang mampu, jika mampu tapi sekolah atau kuliah di sini silahkan cari tempat kost-an. Kita kasih tempat tinggal bagi yang tidak mampu, tapi niat kuliah,” tegas Rusli.

Kehadiran asrama mahasiswa Gorontalo di Surabaya, disambut antusias para mahasiswa. Mereka yang tergabung dalam himpunan pelajar mahasiswa Indonesia Gorontalo (HMPIG) Surabaya, mengapresiasi perhatian Gubernur Rusli Habibie, hingga menyediakan fasilitas asrama bagi mereka.

Dalam peresmian tersebut, turut dihadiri sejumlah anggota komisi III DPRD Provinsi Gorontalo, perwakilan pimpinan OPD, dan pemerintah Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. (tro*)

Pos terkait