Perayaan Cap Go Meh di Gorontalo Dirayakan Sederhana

Gorontalopost.id – Meski sedang dalam kondisi pandemic covid-19, Cap Go Meh tetap dirayakan di daerah Gorontalo. Namun kali ini perayaannya hanya sederhana, dibandingkan perayaan tahun-tahun sebelumnya.

Seperti yang diketahui, cap go meh merupakan rangkaian dari perayaan tahun baru imlek, yang dilakukan setiap tanggal 15 bulan pertama penanggalan Tionghoa. Pada kesempatan itu, sejumlah masyarakat melakukan doa di Wihara yang kemudian dilanjutkan dengan iringan kenong dan simbal serta pertunjukan barongsai dan pertunjukan tradisional Tionghoa.

Pada pelaksanaan perayaan, ada kurang lebih 100 personel Polres Gorontalo Kota yang terdiri dari personel Satuan Lalu Lintas, Reskrim, Intel dan juga Sabhara, disiagakan untuk melakukan pengamanan, pengawalan serta penerapan protocol kesehatan (Prokes).

“Kami tetap melaksanakan pengamanan dalam rangka perayaan cap go meh ini. Alhamdulillah semuanya aman terkendali dan pelaksanaan berjalan dengan lancar,” kata Waka Polres Gorontalo Kota, Kompol Tumpal Alexander,S.I.K.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Beni Lamusu menyampaikan, pelaksanaan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya penyebaran covid-19. Dengan demikian, untuk menghindari terjadinya kerumunan, maka perayaan dilakukan secara sederhana.

“Meski sederhana, pelaksanaan kegiatan ini tetap berjalan dengan baik dan lancar. Kami pun tetap mengedepankan penerapan protocol kesehatan dalam pelaksanaan kegiatan ini. Kami pula berterima kasih kepada pihak Polres Gorontalo Kota yang telah membantu kami dalam melakukan pengamanan,” ungkapnya. (kif)

Comment