Antisipasi Kenaikan Pengangguran

Gorontalopost.id – Pemerintah daerah di Gorontalo diperhadapkan dengan masalah peningkatan angka penangguran setiap tahun. Menyusul meningkatnya jumlah angkatan kerja yang tidak dibarengi dengan ketersediaan lapangan kerja.

Oleh karena itu, Ketua Komisi IV Deprov Gorontalo, Hamid Kuna meminta penanganan terhadap masalah pengangguran tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Harus ada langkah bersama dari semua pihak terkait dalam menyikapi persoalan tersebut.

Lembaga pendidikan utamanya sekolah di jenjang menengah atas dan perguruan tinggi bisa mengambil peran dalam mengatasi persoalan ini.

Karena angka pengangguran umumnya berada dalam usia produktif yaitu para lulusan sekolah menengah atas dan perguruan tinggi.

Upaya yang bisa dilakukan sekolah dan perguruan tinggi, menurutnya dengan menanamkan jiwa entrepreneurship terhadap para siswa maupun mahasiswanya.

Dengan memiliki jiwa wirausaha diharapkan para lulusan bisa membuka usaha sehingga pada akhirnya dapat menciptakan lapangan kerja baru.

“Dengan menanamkan jiwa enterpreneruship, mudah-mudahan mereka bisa memanfaatkan peluang usaha yang ada disekitar tempat tinggal mereka.

Kalau ini terwujud saya yakin masalah pengganguran ini bisa teratasi sehingga akan berimbas pada peningkatan ekonomi daerah,” tandasnya.

Namun menurutnya, langkah ini harus mendapat support dari pemerintah daerah utamanya OPD terkait semisal dinas koperasi perindustrian dan perdagangan, dinas tenaga kerja dan kalangan perbankan.

Sinergitas dari semua pihak ini sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan program dari aspek hulu hingga hilir.

“Lembaga pendidikan menanamkan jiwa enterprenurship. Kemudian dinas teknis mempermantapnya dengan pemberian pelatihan ketrampilan hingga memediasi pembentukan usaha kelompok.

Sementara kalangan perbankan mendukungnya dari aspek permodalan dan dinas perdagangan memfasilitasi sisi teknis kualitas produk hingga pemasaran.

Kalau sinergitas ini terbangun pastinya IKM dan UKM bisa menjadi sumber penyerap tenaga kerja besar di Gorontalo,” tuntasnya. (rmb)

Comment