Hari Ini Mendagri Konsultasikan ke Presiden

Tito Karnavian

Gorontalopost.id – Posisi penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo ramai dibahas dalam beberapa hari terakhir. Hingga ahad (8/5) kemarin, belum ada nama yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk ditugaskan ke Gorontalo.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, sudah menyodorkan tiga nama pejabat eselon satu ke Presiden. Mereka masing-masing Staf Ahli Menpora, Hamka Hendra Noer, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Yusharto Huntoyungo, dan Deputi IV Kemenko Perekonomian, Moh. Rudy Salahudin.

Bacaan Lainnya

Kabarnya, Senin (9/5) hari ini, Mendagri Tito Karnavian, akan menemui Presiden Jokowi. Pertemuan itu untuk menkonsultasikan siapa yang dipilih Presiden untuk Pj Gubernur Gorontalo.

“Katanya mereka (tiga calon pj gubernur) ini akan dikonsultasikan oleh pak Mendagri, besok senin (hari ini,red) ke pak Presiden, sebelum beliau ke Amerika,”kata Rusli Habibie, saat dialog interakhir akhir masa jabatan Rusli-Idris, Ahad (8/5). Gubernur Rusli Habibie menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi siapa Pj Gubernur akan ditugaskan ke Gorontalo.

Penentuan Pj Gubernur lanjut Rusli merupakan kewenangan penuh dari Presiden. Hanya memang, kata Rusli, posisi Pj Gubernur sangat penting dan strategis.

Pj Gubernur punya tugas utama untuk mempersiapkan dan mensukseskan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), Pemilu Legislatif (Pileg), dan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub).

“Terutama mempersiapkan anggaran. Sebab tahapan (Pemilu) sudah mulai Juni tahun ini. Sudah harus didukung APBD dan mendapat dukungan DPRD,”kata Rusli Habibie.

Ia menekankan, jika Pj Gubernur nantinya harus independen, tegak lurus menjalankan roda pemerintahan, dan tidak memiliki kepentingan apa-apa selain mensukseskan pesta demokrasi nanti.

“Karena pada Pilkada (termasuk Pemilu) yang diuji adalah independsi pemerintah, KPU, dan Bawaslu,”tandas Rusli Habibie. (tro)

Pos terkait