Rusli-Idris ke Pileg

Rusli Habibie - Idris Rahim

Gorontalopost.id – Jabatan Gubernur Gorontalo dan Wakil Gubernur Gorontalo akan segera disudahi Rusli Habibie dan Idris Rahim. Keduanya dipastikan tak lagi maju sebagai kandidati Pilgub 2024 mendatang, lantaran tahun ini merupakan akhir masa jabatan periode kedua mereka.

Kendati begitu, arah politik pasangan yang populer dengan sebutan NKRI ini sudah mulai terlihat pasca menjabat nanti.

Bacaan Lainnya

Keduanya belum akan pensiun dari panggung politik. Rusli-Idris, kini melirik pemilihan legislatif (Pileg) 2024. Keduanya akan memperebutkan dua dari tiga kursi jatah Gorontalo yang ada di Senayan.

Kepastian ini disampaikan Rusli Habibie saat dialog interaktif akhir masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, di rumah dinas gebernur, Ahad (8/5).

Awalnya kata Rusli, seperti rencananya, usai menjabat Gubernur, ia memilih istrahat, salah satu pemicunya adalah usia yang kini sudah 58 tahun.

“Tapi ada perintah dari DPP Golkar, saya dan Idris Rahim diperintakan untuk menjadi calon DPR RI pada (pileg) 2024,”ujar Rusli Habibie, yang disambut tepuk tangan yang hadir saat itu.

Dalam kesempatan itu, Rusli menjawab adanya pertanyaan, tentang posisi istrinya, Idah Syahidah yang kini sebagai anggota fraksi Golkar DPR RI, jika kelak ia ikut pileg.

Menurut Rusli, Idah akan tetap di Gorontalo. Rusli tidak menyebut gamblang, apakah Idah akan ikut Pilkada. Hanya saja, Rusli mengatakan, kedepan untuk Gubernur Gorontalo, harusnya adalah orang yang benar-benar tinggal di Gorontalo dan paham tentang Gorontalo.

Hal ini disampaikan juga Rusli Habibie dihadapan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, saat menghadiri dua lo lipu yang digelar Pemda Kabupaten Gorontalo, di Limboto, kemarin.

“Saya katakan, mudah-mudahan yang akan jadi Gubernur adalah orang yang mengerti Gorontalo, dan tinggal di Gorontalo. Kalau dia tinggal di Gorontalo, Ia mengerti kondisi nelayan, mengerti (pelaksanaan) adat dan budaya Gorontalo,”kata Rusli Habibie.

Idah Syahidah selama ini memang menjadi salah satu jagoan Golkar untuk Pilgub mendatang. Selain sejumlah nama yang disodorkan Golkar, seperti Marten Taha, Syarif Mbuinga, Roem Kono, dan Tony Uloli. (tro)

Pos terkait