Operasi Bibir Sumbing Banyak Bantu Masyarakat

Gorontalopost.id – Ketua Persatuan Ahli Bedah Mulut se-Indonesia, drg. Andi Tajrin, M.Kes.,Sp.BM(K) yang juga sebagai ketua tim baksos bibir sumbing gratis di Pohuwato, menggelar jamuan malam dengan Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga bersama jajaran Pemda Pohuwato di kediamannya di Kota Makassar, Selasa (10/5).

Jamuan malam tersebut dilakukan usai penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemda Pohuwao dengan Universitas Hasanudin (Unhas) dan penandatanganan (PKS) dengan fakultas kedokteran gigi (FKG) Unhas, Makassar Sulawesi Selatan.

Diinformasikan, pada akhir Februari lalu telah dilaksanakan operasi kepada 34 anak dan telah berhasil dengan baik. Bahkan mereka penderita bibir sumbing saat ini sudah bisa berbicara seperti anak-anak normal lainnya.

Bukan itu saja, dua perwakilan dari anak yang dioperasi telah melakukan testimoni berupa ungkapan terima kasih kepada bupati, wakil bupati dan dokter yang telah melakukan operasi bibir sumbing kepada mereka.

Testimoni kedua anak telah ditayangkan pada kegiatan MoU dan PKS di Unhas yang disaksikan rektor dan para dekan. Bahkan perwakilan orang tua juga melakukan testimoni sebagai ungkapan rasa syukur kepada pemda pohuwato dan jajaran dokter.

Sebagai pemerintah, tentu Bupati Saipul tak henti-hentinya menyampaikan terima kasih kepada jajaran dokter yang ada di Unhas atas ketersediaannya melakukan baksos bibir sumbing di Pohuwato, bahkan kedepan operasi seperti ini diminta dapat dilaksanakan.

”Ia, masyarakat sangat berharap kedepan bisa dilaksanakan baksos bibir sumbing, karena disamping sangat membantu masyarakat juga masih terdapat beberapa orang yang belum sempat di operasi oleh karena sesuatu dan lain hal sesuai prosedur kesehatan,” ungkap bupati.

Menurut Bupati Saipul Mbuinga, dengan berbagai pertimbangan serta untuk kesehatan masyarakat, maka pemda pohuwato melakukan penandatanganan PKS dengan fakultas kedokteran gigi (FKG) Unhas Makassar.

”Terima kasih kepada Dekan FKG, Unhas Makassar, Prof. drg. Muhammad Ruslin,M.Kes.,Ph.D.,Sp.BM(K) bersama Direkur Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Unhas, drg. Andi Tajrin, M.Kes.,Sp.BM(K) atas kerjasamanya, yang insyaallah apa yang diharapkan bisa terwujud,” pungkasnya. (ayi)

Comment