Kemendagri Jamin Kualitas Penjagub

Akmal Malik

Gorontalopost.id – Kualitas kepemimpinan Pj Gubernur Gorontalo, Hamka Hendras Noer, dipastikan tak diragukan lagi. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjamin Hamka, dan seluruh figur yang mengisi posisi penjabat (Pj) kepala daerah, sebagai pejabat yang memilki kualitas.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik, mengatakan, pemerintah telah membentuk tim untuk menunjuk Pj kepala daerah yang sesuai dengan kriteria dan berkualitas. Ia menyebut, kualifikasi Pj kepala daerah yang akan diusulkan memiliki kualifikasi di atas rata-rata.

Bacaan Lainnya

Artinya, Kemendagri dan Presiden tidak sembarangan menempatkan pejabat sebagai Pj kepala daerah. “Kami meyakini Pj Pj yang hadir pada tahun ini adalah mereka yang memiliki kualifikasi yang bagus,” ujar Akmal dalam Diskusi Hibrida Kompas XYZ Forum, Selasa (10/5).

Akmal mengatakan, Pj kepala daerah akan menjabat selama satu tahun dan dapat ditunjuk kembali apabila memiliki kinerja yang bagus. Ia menyatakan, monitoring dan evaluasi akan terus dilakukan sepanjang Pj kepala daerah menjabat. Nantinya mereka mesti menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada presiden.

“Di dalam pelaksanaan tugasnya para Pj bertanggungjawab kepada presiden melalui menteri dalam negeri. Pertanggungjawaan mereka sampaikan tiga bulan sekali. Inilah mekanisme kontrol terhadap kinerja mereka kedepan,” ucap Akmal.

Seperti diketahui, tahun ini terdapat 101 daerah yang masa jabatan kepala daerahnya. Jumlah itu terdiri dari tujuh Gubernur termasuk Gorontalo, 76 Bupati termasuk Kabupaten Boalemo, dan 18 Walikota.

Penunjukan penjabat Pj kepala daerah berdasarkan UU nomor 7 tahun 2017 dan UU nomor 10 tahun 2016 mengamanatkan bahwa tahun 2024 akan dilaksanakan Pemilu serentak dalam satu tahun yakni Pemilu Presiden, Pemilu Legiskatif dan Pemilihan Kepala Daerah. (tro)

Pos terkait