BIAN Cegah Anak dari Berbagai Penyakit

Gorontalopost.id – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) resmi mencanangkan bulan imunisasi anak nasional (BIAN) tingkat kabupaten. Pencanangan dilakukan langsung Plt Bupati Gorut, Thariq Modagnggu, di Kantor Desa Mootinelo Kecamatan Kwandang, Rabu (18/5).

Plt Bupati Thariq menyambut baik BIAN, menurutnya, program imunisasi ini tak sekadar program nasional yang laksanakan merata di seluruh daerah, namun merupakan tugas kemanusiaan, dalam rangka mempersiapkan generasi unggul dan sehat, terutama generasi di Kabupaten Gorontalo Utara.

“Agar menjadi generasi yang kuat, terbebas dari berbagai penyakit seperti Tetanus, Polio, Campak dan Rubella, yang akan mengganggu pertumbuhan anak,”ujarnya.

Menurut Thariq, dengan adanya pandemi Covid-19 selama ini, telah terjadi penurunan capaian imunisasi campak, polio, rubella dan tetanus. Makanya, BIAN dicanangkan dan segera dilaksanakan.

Program BIAN, lanjut Thariq tak sekadar pencanangan, tapi harus mendapat dukungan semua pihak dalam pelaksanaanya, terutama para orang tua.

Plt Bupati berharap program ini mendapat perhatian penuh dari orang tua, untuk memperhatikan aspek kesehatan dari bayi yang sekarang ini diasuh dengan makanan bergizi.

Disamping upaya-upaya pencegahan seperti vaksinasi. “Melalui imunisasi ini kesadaran or\ng tua juga makin meningkat untuk memberikan pendidikan yang terbaik, makanan yang terbaik, dan juga pencegahan penyakit, itu yang paling penting,”tandasnya. Pencanangan BIAN di Kabupaten Gorontalo Utara, turut dihadiri unsur Forkopimda Gorut. (tr75)

Comment