Mulai Dibangun, Struktur Bangunan Kanwil BSG Gorontalo Usung Kearifan Lokal

Dirut BSG, Revino Pepah, ketika meletakkan batu pertama tanda dimulainya pembangunan gedung Kanwil BSG di Gorontalo, Kamis (19/5) kemarin. (Foto : Rendi Wardani Fathan/Gorontalo Post)
Dirut BSG, Revino Pepah, ketika meletakkan batu pertama tanda dimulainya pembangunan gedung Kanwil BSG di Gorontalo, Kamis (19/5) kemarin. (Foto : Rendi Wardani Fathan/Gorontalo Post)

GORONTALO – GP – Pembangunan gedung Kantor Wilayah (Kanwil) Bank Sulawesi Utara dan Gorontalo (SulutGo) di Provinsi Gorontalo mulai dikerjakan. Hal itu ditandai dengan dilaksanakannya groundbreaking atau peletakkan batu pertama pembangunan Kanwil BSG yang terletak diruas Jalan Nani Wartabone, Kamis (19/5) kemarin, oleh Direktur Utama BSG, Revino M. Pepah.

Usai meletakkan batu pertama, Revino mengatakan, pembangunan Kanwil BSG di Gorontalo merupakan wujud komitmen BSG dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada mitra kerja maupun masyarakat Gorontalo.

Bacaan Lainnya

“Kami terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang maskimal dan efektif kepada publik khususnya para nasabah. Kita ketahui bersama, nasabah kita tidak hanya ada di Sulut saja, namun di Gorontalo juga ada. Maka dari itu, untuk meningkatkan pelayanan kami kepada nasabah di Gorontalo, kami mendirikan Kanwil BSG di Gorontalo,” tandas Revino.

Nantinya, lanjut Revino, Kanwil BSG di Gorontalo akan mengkoordinir dan menjadi supervisi kantor cabang dan cabang pembantu yang ada di wilayah Gorontalo.

“Jarak antara kantor pusat Manado dan Gorontalo cukup jauh, sehingga dibutuhkan adanya Kanwil yang merupakan perpanjangan tangan direksi. Jadi, peran Kanwil itu sama dengan kantor pusat. Dia mengkoordinir, supervisi dan memonitor seluruh cabang-cabang kita yang ada di Gorontalo,” tutur Revino.

Sehingga, lanjut Revino, keputusan yang tadinya harus diambil direksi di kantor pusat, sudah bisa dilakukan di Kanwil. “Dan ini merupakan upaya kami untuk memangkas sistem atau birokrasi. Yang pada akhirnya pelayanan kepada mitra, khususnya masyarakat akan lebih cepat,” ucap Revino.

Masih kata Revino, struktur gedung Kanwil akan dibangun dengan mengusung kearifan lokal Gorontalo. Tampak depannya, menurut dia, menggambarkan bangunan ciri khas adat Gorontalo. Mengapa kita mengusung struktur bangunan kearifan lokal ? Karena, kata Revino, Kanwil BSG di Gorontalo merupakan representasi dari seluruh wilayah yang ada di Gorontalo.

“Bangunannya didesign bernuansa kearifan lokal. Tanahnya akan dinaikkan kurang lebih satu meter atau satu setengah meter, karena untuk antisipasi banjir. Bangunannya Hanya satu lantai, tapi bagian belakang kita siapkan konstruksi dua lantai. Terus bagian pojok ada identitas BSG ,” beber lelaki yang murah senyum itu.

Lebih lanjut, Revino menyampaikan, dalam membangun Kanwil BSG di Gorontalo, pihaknya tidak begitu banyak mengeluarkan anggaran. Pasalnya, imbuh Revino, tanah yang akan dibangun gedung Kanwil merupakan aset BSG, yang dulunya adalah rumah dinas.

Revino menargetkan, pembangunan akan dikerjakan dalam jangka waktu kurang lebih lima bulan, sehingga pada akhir tahun akan diresmikan.

“Sesuai rencana kita peresmian akan dilakukan oleh pak gubernur Gorontalo, pada akhir tahun nanti. Semoga saja pekerjannya tidak molor. Saya harap rekanan bekerja sesuai dengan waktu yang disepakati. Jika tidak, maka siap-siap diberi konsekuensi,” pungkas Revino.

Turut hadir pada kegiatan peletakkan batu pertama gedung Kanwil BSG, Pimpinan BSG Cabang Gorontalo, Sjahron Botutihe, sejumlah pimpinan Direksi BSG, dan Pimpinan Cabang Pembantu BSG di Gorontalo.(rwf)

Pos terkait