Lewat Customer Gathering, UD. CREDO Satukan Konsep Kerja dengan Sub Agen

Foto bersama antara UD. CREDO dengan sub agen, usai acara Customer Gathering. (Foto : Istimewa)

Gorontalopost.id, GORONTALO – Dalam menjalankan sebuah bisnis, pimpinan perusahaan tidak boleh hanya memikirkan kepentingan pribadi. Bawahan ataupun perpanjangan tantangan perusahaan juga patut untuk diperhatikan demi keberlangsungan jangka panjang sebuah usaha bisa terwujud.

Hal ini seperti yang dilakukan UD. CREDO, sebuah perusahaan distributor air mineral Aqua di Gorontalo. Dimana, pekan kemarin, UD. CREDO menggelar Customer Gathering. Kegiatan yang dipentaskan di Restoran Domestique itu, bertujuan untuk menyatukan konsep dan proses kerja dengan para  Outlet, serta bagaimana strategi pemasaran yang tepat untuk para Star Outlet (SO) atau sub agen.

Bacaan Lainnya

“Kita menyatukan strategi konsep dan proses kerja ke depan, yang harus dipahami dua belah pihak, baik kita distributor maupun mereka sebagai Star Outlet,” ujar owner UD. CREDO, Gerard Jonas Lapian SE,MAP didampingi sang istri, Stella Theodora Kewo.

Owner UD. CREDO, Gerard Jonas Lapian SE,MAP bersama sang istri, Stella Theodora Kewo, ketika foto bersama dengan karyawan UD. CREDO, usai acara Customer Gathering. (Foto : Istimewa)

Gerard menambahkan, menyatukan konsep kerja dengan para agen penting dilakukan. Ya, kata Gerard, hal ini merupakan bagian dari keberlangsungan sebuah usaha yang dijalankan, terutama pemenuhan kebutuhan air minum yang higienis, sehat dan keamanannya sudah teruji untuk dikonsumsi oleh masyarakat Provinsi Gorontalo.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Gorontalo sendiri, kata Gerard, pihaknya telah membangun kerjasama dengan 70 Sub agen. Namun, lanjut dia, seiring berjalannya waktu, jumlah agen tersebut dipangkas menjadi 20 agen.

“Jumlah agen awalnya 70, tapi kita pangkas jadi 20-an. Karena kita mengacu pada syarat dan ketentuan menjadi Sub agen. Banyak yang hanya sebatas mengambil strata harga sub agen, tapi dia tidak punya outet retail di gorontalo dan armada. Bisa saja dia jual ke Provinsi lain. Ini tidak bisa. Makanya, kita pangkas,” ungkap Gerard.

Meski telah melakukan pemangkasan, sambung Gerard, bukan berarti UD. CREDO sudah tidak membuka diri bagi masyarakat Gorontalo yang ingin memperoleh penghasilan dengan menjadi sub agen Aqua. Kata Gerard, pihaknya tetap akan melayani warga yang ingin bergabung dengan UD. CREDO.

Pasalnya, kata dia, sebagai mitra pemerintah, UD. CREDO ingin membantu warga yang ingin meningkatkan perekonomiannya setelah terkoyak-koyak akibat pandemi Covid-19. Hanya saja, lanjut Gerard, ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

“Untuk jadi sub agen harus memenuhi kriteria. misalnya, tentunya kita tugaskan diwilayah tertentu yang belum terjangkau distributor, memiliki infrastruktur, gudang dan armada. Jangan hanya sekedar jadi agen membeli barang kemudian jual ke pembeli,” tandas Gerard tersenyum.

“Intinya, untuk menjadi agen tidaklah rumit, karena tujuan utama kita adalah bagaimana supaya seluruh outlet retail di Gorontalo terisi produk kita, sehingga sub agen sebagai perpanjangan tangan kita bisa mempercepat distribusi,” imbuhnya.

Masih kata Gerard, banyak keunggulan ketika mejadi sub agen UD. CREDO. Keunggulan pertama, tutur dia, akan dilibatkan dalam program prinsipal, sebuah program yang harus dilakukan sub agen itu sendiri. Kedua, sub agen akan menjadi skala prioritas, karena punya tanggung jawab untuk penyediaan barang di toko.

Di tempat yang sama, Regional Maneger Sulawesi PT. Tirta Investama, Eric Samta Efendy menambahkan, Gathering Customer ini baru kali perdana dilaksanakan pihaknya. Nantiya, kata Eric, kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara berkala.

“Kegiatan ini baru kali pertama kita laksanakan. Kedepan kegiatan semacam ini kita akan rutinkan,” tutur Eric sembari menambahkan, dirinya sangat mengapresiasi pelaksanaan Customer Gathering UD. CREDO.

“Sebab, selain bisa menjadi ajang silaturahmi, juga bisa membuat sesama sub agen saling kenal antar satu sama lain,” imbuhnya.

Pada acara Customer Gathering yang berlangsung selama sehari itu, UD. CREDO turut membagikan hadiah-hadiah menarik kepada SO yang beruntung. Adapun hadiah yang dibagikan, yakni TV LED 32 Inch, handphone merk samsung, voucher belanja senilai Rp 1.500.000 dan Rp. 1.000.000, kompor gas serta mesin blender.(adv)

Pos terkait