Jelang Idul Adha, Harga Barito Naik

Tampak salah satu pedangang, penjual bahan pokok Barito di pasar Minggu Desa Hongayonaa Kecamatan Tilamuta. (Foto : Juan/ Gorontalo Post)

Gorontalopost.id – Menjelang Hari Raya Idul Adha, harga bawang, rica dan tomat (Barito), mengalami kenaikan. Seperti halnya yang ada di Pasar Desa Hongayonaa, Kecamatan Tilamuta.

Pantauan Gorontalo Post, banyak pedagang yang memperjualbelikan bahan pokok serta jualan lainnya. Namun yang menjadi sorotan yakni, harga Barito yang mengalami kenaikan, menjelang Hari Raya Idul Adha.

Bacaan Lainnya

Idrus salah seorang pedagang ketika diwawancarai mengatakan, biasanya para pedangang pasar membeli cabai dengan harga Rp 80 ribu per kilogram. Itu yang dibeli oleh pedagang dari penampungan yang ada Kecamatan Tilamuta. Sedangkan pada 2021 lalu, harga cabai masih Rp 30 ribu per kilogram.

“Baru satu bulan ini, harga cabai naik. Sedangkan cabai ini biasanya dipesan di Sulawesi Tengah (Sulteng), kemudian kami beli lagi dari penampungan yang ada di Tilamuta,” terangnya.

Ditambahkan lagi, sedangkan untuk bawang merah di beli dari penampung, dan harganya saat ini juga naik, di mana pada bulan lalu harga per kilogram yakni Rp 30 ribu, sekarang harganya mencapai Rp 60 ribu per kilogram. Kalau bawang putih harganya masih normal, yakni Rp 40 ribu atau Rp 50 ribu.

“Untuk tomat harganya hampir sama dengan cabai, di mana Tomat tersebut sudah beberapa bulan yang lalu mengalami kenaikan. Apabila sebelumnya harganya Rp 12 ribu per kilogram, sekarang harganya mencapai Rp 20 ribu perkilogram,”tandasnya. (tr-75)

Pos terkait