Pembukaan MTQ Provinsi Spektakuler, Hamka Absen, Hamim Kecewa

Pembukaan MTQ ke X Provinsi Gorontalo yang dipusatkan di Taman Taqwa Bone Bolango, dibuka langsung Bupati Hamim Pou, Rabu (22/6) semalam. Foto: Natha/Gorontalo Post).

Gorontalopost.id – Pembukaan MTQ ke X tingkat Provinsi Gorontalo di taman Taqwa, Bone Bolango, tadi malam (23/6) berlangsung spektakuler. Beragam atraksi disajikan. Mulai dari penampilan suara merdu Qoriah Internasional asal Gorontalo Hj Sarini Abdullah.

Juga atraksi tarian tradisional asal Bone Bolango. Dalam pembukaan itu juga diwarnai gemerlap kembang api dan indahnya warna warni air mancur di kolam taman Taqwa Bonebol. Sebanyak 366 kafilah dari enam kabupaten/kota dipanggil sesuai urutan untuk duduk di panggung yang telah disediakan.

Bacaan Lainnya

Namun ditengah spektakuler acara pembukaan MTQ tadi malam, terselip kekecewaan dari masyarakat dan pemerintah kabupaten Bone Bolango, selaku tuan rumah acara. Mereka kecewa atas ketidakhadiran Penjabat Gubernur (Penjagub) Hamka Hendra Noer.

Karena Penjagub tak hadir, Bupati Bone Bolango Hamim Pou, akhirnya didaulat mewakili Penjagub Gorontalo membuka MTQ ke X tersebut, yang disaksikan langsung oleh para kepala daerah Bupati/Walikota se Gorontalo yang hadir lengkap.

“Memang pemerintah dan masyarakat Bone Bolango berharap pak Gubernur bisa hadir, ada sedikit kekecewaan mulai tadi malam setelah mendengar kabar beliau tidak sempat hadir, tapi Gubernur saya sudah konfirmasi dan beliau minta maaf tidak bisa hadir karena sedang menyelesaikan masalah asrama mahasiswa di kota Bandung,”ungkap Hamim Pou saat diwawancarai wartawan koran ini usai acara pembukaan MTQ. Lebih lanjut Hamim Pou mengakui, bahwa Pj Gubernur telah berjanji akan hadir pada penutupan MTQ nanti. Hamim berharap agar janji Gubernur tersebut sedikit mengobati kekecewaan masyarakat Bone Bolango.

“Saya juga agak kecewa juga, tapi tidak apa-apa, sebagai pimpinan daerah pasti beliau sibuk, mudah-mudahan dipenutupan nanti tidak dua kali masyarakat Bone Bolango kecewa karena ketidakhadiran penjabat Gubernur. Kami tetap bersabar dan berfikir positif,”kata Hamim Pou.

Ketika disinggung mengapa hanya Bupati Bone Bolango yang mewakili Gubernur membuka acara dan bukan pejabat dari Pemprov Gorontalo. Dengan tegas Hamim menjelaskan, bahwa Gubernur sudah memberikan kepercayaan, meminta tolong bupati Bone Bolango untuk membuka acara MTQ.

“Ya, karena yang meminta tolong dari seorang gubernur, maka kami sebagai kepala daerah siap melaksanakan permintaan tersebut,”kata Hamim.

Sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ Hamim mengaku senang bisa menerima para kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-X tahun 2022 yang datang dari kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo.

“Kami senang sekali bisa menerima saudara-saudara dari daerah lain sebagai kafilah MTQ Provinsi. Kita semua bersaudara. Jadi siapapun yang juara nantinya pada pelaksanaan MTQ kali ini kita hargai, karena kita sama-sama Gorontalo,”ujar Hamim Pou. Hamim pun berharap dengan suasana alam yang hijau di Bone Bolango, para kafilah MTQ akan tampil prima pada cabangnya masing-masing yang dilombakan.”Saya titip jaga kesehatan selama disini. Para panitia dari OPD Bone Bolango sebagai penanggungjawab, harus memastikan para kafilah tidak ada yang sakit, kelaparan dan kesasar,”tandas Bupati.

MTQ ke-X Provinsi Gorontalo diikuti 366 kafilah. Kabupaten Gorontalo sebanyak 70 kafilah terdiri dari 53 orang peserta dan 17 orang official. Selanjutnya, Kota Gorontalo 66 kafilah terdiri dari 43 orang peserta, 9 orang pelatih, dan 14 orang official.

Kabupaten Gorontalo Utara, 60 kafilah terdiri dari 43 orang peserta dan 17 orang official, Kabupaten Pohuwato 60 kafilah, untuk peserta 42 orang dan official 18 orang, Kabupaten Boalemo 60 kafilah terdiri dari 38 orang peserta, 7 pedamping dan 15 orang official.

Untuk tuan rumah sendiri, Kabupaten Bone Bolango kafilah yang diutus yakni sebanyak 50 orang, terdiri dari 35 orang peserta dan 15 orang tim official.”Harapan kita sebagai tuan rumah, tentu dalam pelaksanaan MTQ ke-X tingkat Provinsi Gorontalo ini, Bone Bolango bisa meraih juara umum,”kata Mesalina Vivi Saputra, Minggu (29/5/2022).

Lebih lanjut Mesalina mengungkapkan dalam pelaksanaan MTQ ke-X tingkat Provinsi Gorontalo ini, ada 8 cabang yang akan dilombakan, di antaranya cabang Tilawah, Qiraat, Hifzil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Kaligrafi, Tafsir, dan Karya tulis ilmiah. Terpisah, Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo, Masran Rauf, membenarkan jika Pj Gubernur Hamka Hendra Noer, sedang berada di luar daerah. Pertama terkait penyelesaian aset Asrama Mahasiswa Gorontalo di Bandung. “Dan rencana beliau ada agenda di Kemenpora dalam rangka kesiapan turnamen International Soccer Mini,”ujar Masran Rauf. (roy/Mg14/Mg15/tro)

Pos terkait