Siswa SMP ‘Gantikan’ Tugas Polisi di Polsek

Sehari menjadi anggota Polisi, sejumlah pelajar SMP 1 Tilongkabila melaksanakan tugas melayani masyarakat, dalam rangka HUT Bhayangkara ke 76 di Polsek Tilongkabila, Seninn (27/06/2022). (F. Natha/ Gorontalo Post)

Gorontalopost.id – Sejumlah siswa yang masih duduk dibangku SMP 1 Tilongkabila, beramai-ramai mendatangi Polsek Tilongkabila.

Kedatangan mereka tidak lain untuk menggantikan tugas pokok serta fungsi (Tupoksi) dari masing-masing personel Polsek Tilongkabila.

Bacaan Lainnya

Pergantian terhadap para personel Polsek Tilongkabila tersebut bukan lantaran ada masalah, akan tetapi sebagai bentuk latihan terhadap para siswa, agar lebih mengetahui tugas dan tanggungjawab sebagai anggota Polri, serta lebih mendekatkan diri mereka terhadap Polri.

Kapolsek Tilongkabila, Ipda Novika Veronika,S.Tr.K mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah perkenalan untuk para siswa, terhadap peran dan fungsi Kepolisian. Tujuannya, agar para siswa termotivasi untuk menjadi anggota Polri kedepannya. Jika mereka tertarik, maka pihak Polsek Tilongkabila, akan siap untuk membimbing serta melatih para siswa tersebut.

“Ini merupakan salah satu kegiatan yang kami laksanakan dalam rangka HUT Bhayangkara ke 76, serta untuk memotivasi para siswa. Jadi, mereka kami berikan peran, baik itu menjadi Kapolsek, Kanit Binmas, Sabhara, Intel, Reskrim serta fungsi lainnya. Kami juga memberikan tantangan kepada para siswa, untuk menjadi anggota penjagaan di SPKT. Dengan demikian, mereka mengetahui bagaimana menerima laporan masyarakat dan hal-hal lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang siswa kelas VIII, Nazwa Zahra Kadir mengaku, sangat senang karena mendapatkan peran sebagai Kapolsek Tilongkabila. Banyak tugas yang dilakukan sebagai Kapolsek. Mulai dari memimpin apel pagi, memimpin rapat, memberikan arahan dan lain sebagainya.

“Ini merupakan pengalaman baru bagi saya dan teman-teman. Tentunya, saya pun bercita-cita menjadi Polwan, karena saya senang dan suka terhadap pelaksanaan tugas Kepolisian. Semoga bisa terwujud,” harapnya. (kif)

Pos terkait