Hamim Beri Target Pejabat Baru Baznas Bonebol, Harus Mampu Kumpul Zakatl Rp 300 Juta Sebulan

Gorontalopost.id – Bupati Bone Bolango Hamim Pou memberi target kepada pimpinan atau pejabat baru Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bone Bolango periode 2022-2027, yang baru dilantik di Hotel Toewawa, Senin (11/7/2022). Mereka yang dilantik, masing-masing Ketua Faisal Hasyim Pakaya, S.HI., MH, Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Timang Pasilia, S.HI, Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Syarifuddin Kadir, S.Pd, dan Wakil Ketua III dan IV Bidang Perencanaan Keuangan, Pelaporan, Administrasi, SDM dan Umum Drs. Ec. Tanwir Ali, MM.Pub. Bupati Hamim Pou mengatakan, potensi zakat umat ditambah infaq dan sedekah di Kabupaten Bone Bolango sesunggunya sangat luar biasa.

Salah satunya dari potensi zakat dari ASN Bone Bolango yang hampir 4 ribu, meskipun diakui belum sepenuhnya. Bukan mereka tidak berzakat, berinfaq dan bersedekah, tapi sebagian besar ASN tidak menyalurkan zakatnya lewat Baznas. Maka tantangannya kedepan bagaimana Baznas ini bisa dipercaya oleh ASN dan masyarakat. Menurut Bupati, jumlah zakat, infaq dan sedekah (ZIS) yang dikumpulkan Baznas Bone Bolango saat ini kurang lebih Rp100 juta dalam satu bulan, ini terlalu kecil.

Ia mengatakan kita di Pemkab saja ada 31 OPD, belum ada bagian di sekretariat daerah dan sekretariat dewan, belum UPT, belum kecamatan. “Kalau ini dikelola dengan sungguh-sungguh Rp300 juta sebulan, itu saya kira angka yang wajar yang bisa dicapai. Apalagi pimpinan Baznasnya rata-rata orang-orang hebat bahkan ketuanya sampai kerja di luar negeri.

Seharusnya lebih kencang lagi dalam mengumpulkan zakatnya,”ujar Hamim. Hamim menuturkan kita seharusnya malu dengan 99 persen penduduk muslim Bone Bolango, tapi kita punya zakat hanya Rp100 jutaan setiap bulannya. Olehnya, ia meminta kepada pimpinan Baznas Bone Bolango mulai bulan Agustus 2022 ini Rp300 juta setiap bulan zakat harus dicapai.

“Kalau ini tercapai, maka ada Rp3,6 miliar setiap tahunnya ZIS yang bisa dikumpulkan,”tutur Bupati. Pada kesempatan yang sama, Bupati juga meminta kembali Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di setiap Satker OPD harus memaksimalkan pengumpulan ZIS dari ASN.”Insya Allah Baznas Bone Bolango ini bisa kita berdayakan, kita perkuat secara bersama-sama. Mari kita besarkan Baznas, supaya Baznas juga bisa membesarkan kita. Selamat bekerja dan tetaplah amanah,”ucap Hamim. (roy).

Comment