Jalan-Jembatan Amblas, Akses Bongomeme Putus

Gorontalopost.id – Jembatan Upomela, Kecamatan Bongomeme, Kabupaten Gorontalo terancam ambruk. Yang membuat akses jembatan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat, lantaran bagian sisi jembatan amblaas, Senin (18/7) kemarin.

Informasi yang berhasil di rangkum Gorontalo Post, kondisi tanah di sisi kiri pada ujung jembatan amblas. Kondisi terjadi karena curah hujah yang tinggi dua hari terakhir di wilayah itu. Tak hanya jembatan, jalan desa juga mengalami amblas yang cukup membahayakan. Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah menurunkan tim untuk memantau kondisi jembatan.

“Kita tadi sudah turunkan tim, untuk memantau dan mengumpulkan data di lokasi,”jelas Kepala BPBD, Udin Pango.

Kondisi jembatan, kata dia, masih bisa dilalui, tapi hanya untuk pejalan kaki, untuk roda dua harus ekstra hati-hati jika memaksa melintas, lantaran kondisinya cukup rentan, dan membahayakan.

Menurutnya, harus dilakukan pembatasan kendaraan yang lalu lalang. “Untuk penanganan (perbaikan) jembatan tentu kita butuh dana. Tapi kami sudah bergerak cepat membuat laporan, dan ini segera kita laporkan ke pak bupati maupun pak Sekda,” lanjutnya.

Termasuk lanjut Mantan Kasatpol PP itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi. Untuk memastikan apakah akses jembatan itu merupakan tanggung jawab provinsi ataukah Pemda Kabupaten Gorontalo. Diketahui jembatan tersebut juga menghubungkan beberapa desa yakni Desa Tohupo, Desa Batuloreng, Desa Molanihu dan Desa Liyodu Kecamatan Bongomeme, Kabupaten Gorontalo. Kondisi jembatan yang riskan ambruk ini membuat akses lumpuh, dan membuat kendaraan roda empat harus memutar cukup jauh. (Nat)

Comment